IBX5924FE0DD517A Gejala Dan Cara Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Stroke

Informasi KEsehatan dan kecantikan

January 19, 2016

Gejala Dan Cara Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena rusaknya jaringan otak yang terjadi akibat adanya penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen keotak menjadi berkurang sehingga timbullah serangkaian reaksi biokimia yang dapat merusak dan mematikan sel saraf. Penyakit ini merupakan penyakit pembunuh nomor tiga didunia setelah jantung dan kanker. Dari tahun ketahun penderita stroke selalu bertambah dan pada tahun 2012 saja tercatat sekitar 500ribu kasus penderita stroke dan 12ribu diantaranya meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Stroke dapat terjadi karena beberapa faktor salah satunya yaitu faktor perilaku. Faktor ini menandakan suatu pola hidup atau gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda. Terlebih jika anda kurang berolahraga maka dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Selain faktor perilaku, ada faktor lain yaitu faktor medis seperti tekanan darah tinggi sehingga terjadi pengerasan pada pembuluh darah dan gangguan pada jantung. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang terkena stroke.

Orang yang terkena stroke pada awalnya akan mengalami beberapa gejala diantaranya yaitu sulit berbicara dan sulit mengerti, Penglihatan mendadak kabur dan kehilangan keseimbangan. Sering mendadak pusing tanpa diketahui apa penyebabnya dan kerap mati rasa pada sekujur tubuh terutama pada bagian wajah. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut segeralah untuk memeriksakan kondisi kesehatan kedokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Agar kita terhindar dari penyakit stroke, ada bebrapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit tersebut diantara yaitu :

1. Cek Tekanan Darah Secara Rutin
Melakukan pengecekan tekanan darah merupakan langkah antisipasi anda untuk mencegah terkena resiko stroke. Usahakan tekanan darah selalu dalam kondisi normal.

2. Hentikan kebiasaan Merokok
Kebiasaan buruk yang seringkali kita lakukan seperti merokok dan minum-minuman keras harus bisa kita hindari sedini mungkin agar anda terhindar dari resiko penyakit stroke yang mematikan.

3. Hindari Stres dan Depresi
Stres merupakan hal sepele yang mungkin sering anda alami, namun sebaiknya anda tidak boleh menganggap remeh masalah ini karena salah satu penyebab seseorang terkena stroke diantaranya karena faktor perilaku seperti stres.

4. Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan sehat sudah menjadi kewajiban kita agar dapat memiliki tubuh dan jiwa yang sehat. Makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, ikan dan buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan nutrisi sehingga sangat cocok untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang diantaranya adalah stroke.

5. Rajin Berolahraga
Berolah raga akan membuat badan kita terasa lebih segar, selain itu juga olahraga sangat bagus untuk kesehatan salah satunya untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, kanker dan stroke.

Jika kelima hal diatas bisa anda lakukan dengan baik, maka bukan tidak mungkin anda akan terhindar dari resiko penyakit stroke yang mematikan. Terimakasih.

Gejala Dan Cara Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: haiday