IBX5924FE0DD517A Wajib Tahu, Nama Nama Bayi Yang Dilarang Dalam Islam

Informasi KEsehatan dan kecantikan

February 24, 2016

Wajib Tahu, Nama Nama Bayi Yang Dilarang Dalam Islam

Beritafresh.com - di dalam Islam nama berarti doa. Memberi nama pada anak atau bayi kita adalah ucapan doa dan harapan kedepannya untuk si anak. Sebab nama nantinya akan mempengaruhi sifat, pemikiran, dan gaya hidup si anak sampai saat dewasa kemudian. Pada masa ini memberuinama anak memang cukup sukar, apalagi jika ingin nama yang unik dan tidak ada yang menyamai. Tak sedikit orang tua kemudian memberinama anaknya dengan bahasa arab, selain ingin mendapatkan nama unik, harapannya nanti si anak menjadi lebih Islami. Hanya saja tak sedikit yang salah dalam memberi nama anaknya. Alih alaih dengan bahasa Arab namun mereka kurang memahami arti dari kata tersebut, sehingga nama si Anak bukannya menjadi doa yang baik, namun justru menjadi doa yang buruk.

Oleh sebab itu penting bagi kita utuk mengetahui arti arti kata dalam bahasa arab agar kita tidak salah dalam memberinama anak kita. Sebab Islam ternyata melarang beberapa nama yang harus dielakkan dalam memberi nama putera puteri kita. Alasannya nama adalanh doa, jika nama yang kita berikan ternyata bermaksud buruk, maka doa terhadap keburrukannya terus berlanjut sampai dia mati. Berikut ini adalah beberapa nama yang ternyata sering digunakan oleh kaum jin yang sebaiknya dielakkan untuk penamaan anak kita:

  • Zaqwan / Zaquan - anak jin
  • Qistina / Kistina - penghulu jin
  • Balqis - ketua jin
  • Najwa - bisikan
  • Haikal / Haiqal - tengkorak
  • Badrisha / Badlisha / Herisha

Jika sudah terlanjur diberinama tersebut, maka sebaik-baiknya hendaklah nama tersebut diganti, namun apabila tidak memungkinkan maka tidak perlu menukar nama dalam sijil kelahiran hanya dengan menukar namapanggilannya saja. Sebab nama adalah doa, dan doa boleh terkabul atau sebaliknya. Kerana sesungguhnya penyakit, bencana, atau kejadian buruk bukan semata mata datang dari nama, namun alangkah baiknya jika kita memberi nama dengan doa doa yang baik. Sebuah hadis sahih juga menyebutkan bahawa "
Ibn Umar berkata: "Anak perempuan Umar dinamakan dengan nama 'Asiah (wanita yang derhaka), lalu dinamakan oleh Rasulullah SAW dengan Jamilah (cantik)." (HR Tirmidzi)
hadis lain menyebutkan
Aishah r.a berkata: "Rasulullah telah menukar nama-nama yang buruk." (HR Tirmidzi). "
Berikut ini daftar nama nama yang dilarang dalam Islam atau sebaiknya dihindari :

Wajib Tahu, Nama Nama Bayi Yang Dilarang Dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: haiday