IBX5924FE0DD517A Model Rambut Yang Sedang Populer Seperti Ini Dilarang Islam

Berita Terbaru Dipercayai

March 20, 2016

Model Rambut Yang Sedang Populer Seperti Ini Dilarang Islam

Islam agama yang syamil mutakamila tidak cuma mengatur ber ibadah ritual tetapi juga memberi tuntunan pada umatnya dalam semua sisi kehidupan, termasuk juga permasalahan model rambut. Qoza 'yang saat ini banyak didapati nyatanya  model potong rambut yang dilarang dalam Islam. Qoza 'iaitu memotong rambut dengan cara tak rata hingga sebagian dicukur habis (dibotaki), sebagian yang lain tak dipotong atau dilewatkan panjang sampai membuat motif tertentu. Umpamanya ukiran, satu simbol, atau garis-garis.

Qoza 'sesungguhnya sudah ada mulai sejak jaman jahiliyah. Rasulullah lalu memberi tuntunan pada umatnya kalau qoza 'adalah perbuatan yang dilarang.

عن 'نافع مو'لى عب'د الله أنه سمع اب'ن عمر - رضى الله عنهما - يقول سمع'ت رسول الله - صلى الله عليه وسلم - ين'هى عن ال'قزع

Artinya : Dari Nafi 'Maula Abdullah bahwa ia pernah mendengar Ibnu Umar radhiyallahu anhuma mengatakan : Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza' (HR. Bukhari)

Hadits lain melalui jalur Anas bin Malik juga menyatakan larangan yang sama

عن اب'ن عمر أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - نهى عن ال'قزع

Artinya : Dari Ibnu Umar sebenarnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza '(HR. Bukhari)

Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu menjelaskan bahwa yang disebut dengan qoza' ialah :

يح'لق بع'ض رأ'س الصبى ويت'رك بع'ض

Mencukur sebagian rambut serta membiarkan sebagian yang lain (HR. Muslim)

Rasulullah sempat juga lihat qoza ' lantas beliau melarangnya.

رأى رسول الله - صلى الله عليه وسلم - صبيا قد 'حلق بع'ض شع'ر رأسه وترك بع'ضه, فنهاهم' عن 'ذلك, وقال: اح'لقوه كله, أو ات'ركوه كله

Rasulullah saw pernah lihat kanak-kanak yang dicukur beberapa rambutnya serta dilewatkan sebagian yang lainnya, jadi beliau melarang hal semacam itu lalu bersabda: "Cukurlah semuanya atau biarkan (tidak dicukur) seluruhnya" (HR. Abu Daud dan An Nasa'i)

Imam Nawawi menerangkan kalau beberapa ulama sudah setuju kalau hukum potong rambut model qoza 'ini makruh. Kecuali untuk kepentingan tertentu seperti bekam atau penyembuhan.

Model Rambut Yang Sedang Populer Seperti Ini Dilarang Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Herma Davian