IBX5924FE0DD517A Faktor Penyebab Sering Kesemutan Pada Tangan

Berita Terbaru Dipercayai

August 8, 2016

Faktor Penyebab Sering Kesemutan Pada Tangan

Banyak orang yang mengeluhkan kesemutanan pada tangannya.Apa yang dikeluhkan pun bervariasi, seperti mengeluh kesemutan hanya pada satu sisi tangan saja atau bahkan kesemutan pada kedua tangannya. Adapun keluhan lainnya seperti kesemutan pada tangan yang dirasakan hanya sesaat, jarang-jarang, bahkan ada yang sangat sering mengalami kesemutan pada tangan.

Tentunya kesemutan pada tangan ini menimbulkan ketidaknyamanan terutama bagi orang-orang yang sering beraktifitas, kondisi ini akan menyebabkan gangguan pada pekerjaan. Ada beberapa faktor penyebab kesemutan pada tangan.
Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kesemutan pada tangan:

1.      Penyebab umum
Pada dasarnya penyebab kesemutan pada tanganyaitu karena adanya gangguan maupun kerusakan pada saraf yang terlibat. Kesemutan biasanya disertai dengan keluhan pada tangan, seperti adanya rasa tebal, kebas, serta akan merasa lemah, nyeri, dan sakit pada tangan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang sedang dikerjakan, dengan tangan yang kesemutan pastinya harus segera diistirahatkan agar segera sembuh.Biasanya kesemutan yang dirasakan hanya beberapa menit saja dan dapat dengan sendirinya sembuh, namun juga dapat kapan saja muncul kembali.

2.      Gangguan Aliran Darah
Penyebab kesemutan pada salah satu tangandan hanya sesaat biasanya karena adanya gangguan aliran darah yang menyuplai oksigen ke saraf tangan.Biasanya terjadi ketika seseorang tidur miring dengan salah satu tangan tertindih oleh badan. Kondisi kesemutan ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya pada saat tangan terbebas dari tindihan tadi.

3.      Trauma cedera pada saraf
Seringnya terjadi kesemutan pada tangan juga bisa disebabkan karena adanya trauma cedera pada saraf, seperti penyakit stroke dan saraf terjepit. Dan ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan kesemutan pada tangan ini yang bertahan lama, diantaranya yaitu  :
-          Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Yaitu gangguan saraf yang disebabkan karena saraf terjepit.Biasanya kondisi terjadi ketika saraf medianus terjepit pada terowongan pergelangan tangan, sehingga menimbulkan kesemutan. Gejala yang sering ditimbulkan nyeri pada tangan pada saat kesemutan dibagian ibu jari, jari manis, jari tengah dan jari telunjuk. Dan seringnya gejala ini dirasakan pada malam hari.

-          Trauma
Trauma yang disebabkan oleh patah tulang sering sekali menjadi penyebab kesemutan pada tanganpada jalur saraf yang terlibat.

-          Herpes Zoster
Virus varicella zoster yang menyerang tangan, biasanya akan menyerang saraf terlebih dahulu sebelum menimbulkan lesi pada kulit, sehingga sang penderita akan sering merasakan nyeri dan kesemutan.

-          Stroke
Tangan yang kesemutan karena stroke akan timbul bukan hanya pada area tangan, maupun juga akan timbul pada lengan maupun separuh badan.

4.      Kerusakan saraf tepi
Penyebab kesemutan pada tanganini biasanya akan mengakibatkan kedua tangan sering kesemutan pada waktu yang bersamaan.


Demikian informasi tentang penyebab kesemutan pada tangan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.Sehingga bisa mendeteksi suatu penyakit lebih sini.

Faktor Penyebab Sering Kesemutan Pada Tangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc