IBX5924FE0DD517A 5 Jenis Pewarna Makanan Yang Paling Berbahaya

Informasi KEsehatan dan kecantikan

September 18, 2016

5 Jenis Pewarna Makanan Yang Paling Berbahaya

Makanan memang penting untuk kehidupan kita, namun terkadang kita salah memilih makanan, dimana tanpa anda sadari berbagai macam makanan itu telah ternodai dengan pewarna makanan yang sangat berbahaya untuk kesehatan anda. Jika anda belum mengetahui berbagai pewarna makanan yang berbahaya anda bisa membacanya di bawah ini.
Berikut 5 jenis pewarna makanan yang berbahaya :


1. Red 40
Berbagai makanan yang dibuat di rumah seperti halnya menu makanan stroberi sundae akan dibuat dengan buah yang nyata, tetapi berbagai macam makanan cepat saji banyak yang menggunakan kombinasi red 40, sirup jagung dan beberapa buah-buahan yang telah diproses sedemikian rupa. Red 40 inilah yang merupakan sebuah pewarna makanan yang paling berbahaya.
Red 40 yang berisi benzidene telah disinyalir bersifat karsinogen dan hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Biasanya red 40 ini  juga berada di berbagai makanan seperti halnya minuman ringan dan permen.

2. Blue 1
Pasti anda tidak akan mengira jika pewarna makanan ini berbahaya, akan tetapi ada kemungkinan pewarna ini bisa meresap melalui organ terbesar anda yaitu kulit. Pewarna biru satu ini dapat menyebabkan kerusakan sel-sel saraf, kanker, kerusakan kromosom, reaksi alergi, dan perubahan perilaku. Maka dari itu anda harus selektif memilih makanan yang mengandung dan memiliki warna biru.

3. Yellow 5
Tahukah anda, jika pewarna yellow 5 dapat menurunkan jumlah sperma anda? Dimana pewarna makanan ini juga biasa digunakan dalam obat-obatan vitamin dan antasida. Maka dari itu, anda perlu berhati-hati saat membeli berbagai aneka makanan maupun obat-obatan. Selain itu yellow 5 ini juga dikenal sebagai tartazine yang dapat menyebabkan efek kesehatan yang parah, seperti halnya reaksi alergi dan merusak sistem sel. Dan yellow5 ini bukan hanya mengenai orang dewasa saja, akan tetapi juga bisa menyerang anak-anak, seperti halnya dapat menurunkan masalah konsentrasi.

4. Yellow 6
Selain Yello 5, yellow 6 juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Dimana y6 ini telah dicurigai dapat menyebabkan tumor testis dan adrenal, serta dapat menyebabkan reaksi alergi dan asma, yang dapat berujung pada hiperaktif serta gelisah. Bukan hanya itu saja, anak-anak yang suka dan sering mengkonsumsi  y6 ini, juga didiagnosis dengan ADHD yang diduga karena mengkonsumsi Mmkanan yang mengandung y6 secara berlebihan.

5.  Pewarna Karamel
Saat kita mendengarkan karamel pasti kita sudah mengira jika itu merupakan sebuah makanan yang lezat,  akan tetapi efek dari pewarnanya sangatlah buruk, seperti hanya bisa menurunkan selera makan. Dimana pewarna ini sering ditemukan di dalam produk permen dan cola, hal ini terjadi karena pewarna karamel ketika diproduksi dicampur dengan amonia sehingga mengandung kontaminan penyebab kanker. Sekarang ini ada berbagai macam jenis warna, akan tetapi batas maksimal yang diperbolehkan fda adalah 200 mg per kg.

Nah, kalau kita sudah mengetahui berbagai pewarna makanan yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi, maka dari itu tugas kita adalah membaca label kemasan makanan dan minuman dengan seksama. Dengan begitu pasti kita bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, dan hal yang paling baik adalah anda dan keluarga membatasi mengkonsumsi aneka makanan kemasan atau instan, serta mulailah memperbanyak makanan-makanan rumahan dan buah-buahan.

Demikian artikel kami mengenai 5 Jenis Pewarna Makanan yang Paling Berbahaya. Semoga dapat bermanfaat dan terim kasih.


5 Jenis Pewarna Makanan Yang Paling Berbahaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc