IBX5924FE0DD517A Alasan Susu Formula Dapat Menyebabkan Obesitas Pada Anak

Informasi KEsehatan dan kecantikan

September 14, 2016

Alasan Susu Formula Dapat Menyebabkan Obesitas Pada Anak

Setiap orang tua pastinya akan mencoba untuk memberikan yang terbaik kepada buah hatinya, terutama pada pertumbuhan anak yang masih sejak berusia bayi. Sebenarnya ada banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak dan salah satunya dapat diberikan dari ASI.

Pada umumnya ASI diberikan pada 6 bukan pertama, dan kemudian diteruskan sampai 2 tahun kemudian yang dilanjutkan dengan pemberian susu formula pada bayi. Karena anak sudah semakin besar, penggunaan botol susu yang digunakan tentunya memiliki ukuran yang lebih besar. Namun kebiasaan ini justru menjadi tidak baik, dan bahkan memiliki resiko besar yang dapat menjadikan si kecil mengalami obesitas ketika dia sudah besar.

Hal ini ditunjukkan dengan sebuah penelitian dimana melibatkan sebanyak 298 bayi untuk dievaluasi mengenai berat badan dan resiko kegemukan ketika mereka sudah mencapai usia 6 bulan. Menurut Dr. Charles Wood yang merupakan ketua penelitian itu mengatakan bahwa resiko kegemukan dapat dipicu dari berbagai hal – hal kecil yang dilakukan ketika anak – anak masih berusia bayi.

Pada penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa ternyata bayi yang memperoleh asupan susu formula dari botol besar memiliki kecenderungan untuk mengalami obesitas. Tidak hanya susu formulanya saja yang dapat menjadi faktor kegemukan bagi anak, dan bahkan bayi yang diberik asupan ASI dalam botol besar ternyata juga memiliki resiko obesitas.

Masalahnya itu bukan karena faktor dari susu formula atau susu perah ASI, namun pada ukuran botol susu yang diberikan pada si anak. Hal ini tidak mengherankan, karena porsi susu yang diberikan pada buah hati sudah berlebih sehingga menumpuk dan menjadi lemak ketika tidak digunakan.

Nah untuk menghindari pemberian susu yang berlebih pada buah hati, sebaiknya jika bunda tidak menggunakan botol besar. Setiap bayi memiliki porsi makan yang berbeda – beda, namun pada umumnya hanya sekitar 100-120 gram saja.

Tentu saja penelitian ini masih membutuhkan beberapa hal yang perlu dikembangkan dan diteliti lebih lanjut lagi. Namun informasi ini sudah cukup memberikan peringatan untuk para bunda agar tidak sembarangan memberikan porsi susu pada si buah hati mereka, pasalnya hal ini akan dapat mengganggu kesehatan anak pada nantinya.

Nah itulah beberapa alasan mengapa susu formula yang dikonsumsi bayi pada ukuran botol besar dapat menyebabkan terjadinya obesitas pada buah hati bunda yang masih bayi atau balita. Sebainya bunda memberikan asupan susu formula pada buah hatinya dalam ukuran yang normal dan jangan sampai memberikannya pada batas wajar pada balita. Pasalnya ada beberapa anak yang suka mengkonsumsi susu formula dan secara umum dia akan mengkonsumsinya secara terus menerus. Semoga bermanfaat.

Alasan Susu Formula Dapat Menyebabkan Obesitas Pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc