IBX5924FE0DD517A Berbagai Cara Perlambat Munculnya Katarak

Informasi KEsehatan dan kecantikan

September 26, 2016

Berbagai Cara Perlambat Munculnya Katarak

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk manusia, dengan begitu saat manusia terkena berbagai macam penyakit didalam mata pasti mereka akan mencari cara untuk menyembuhkannya. Dan dari sekian banyak penyakit mata, ada salah satu penyakit mata yang akan kita bahas kali ini yaitu penyakit mata katarak. Dimana penyakit katarak ini merupakan penyakit yang timbul seiring proses penuaan. Sebagai negara tropis, pasti penduduk Indonesia akan lebih rentan terkena katarak. Apalagi jika mereka lebih sering terpapar sinar ultraviolet seperti tinggal di daerah pesisir maupun tinggal di daerah yang kering.

Katarak terjadi karena kekeruhan lensa mata yang tidak bisa dicegah dalam usia lanjut, karena terkadang  saat usia kita sudah lanjut pasti berbagai macam organ tubuh kita juga akan melemah seiring dengan berjalannya waktu, akan tetapi kemunculannya bisa diperlambat sehingga tidak mengganggu penglihatan.

Cara utama untuk memperlambat munculnya katarak dalam proses penuaan adalah dengan melindungi mata dari paparan langsung sinar ultraviolet. Sinar saat pagi hari ini sangat penting untuk anda karena banyak mengandung vitamin d yang baik untuk menjaga organ tubuh anda agar tidak rentan terkena berbagai macam penyakit,  selain itu untuk menjaga mata anda juga perlu mengkonsumsi aneka buah-buahan yang mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga keseimbangan mata anda.

Pada siang hari jika anda ingin keluar rumah, sebaiknya anda menggunakan kacamata ultraviolet atau memakai paying, para petani biasanya pakai caping. Sementara itu bagi para penderita diabetes, anda perlu untuk mengontrol selalu kadar gula darah anda, karena tingginya kadar gula darah dapat mempercepat kekeruhan lensa.

Saat anda sudah terkena katarak, yang harus anda lakukan yaitu dengan mencegah kebutaan, hal ini terjadi karena kekeruhan lensa dan makin lama akan semakin menebal sehingga mengganggu penglihatan anda hingga dapat menyebabkan kebutaan, maka dari itu saat anda sudah mengalami gejala-gejalanya tersebut anda perlu langsung memeriksakan diri pada dokter agar tidak terjadi lebih parah lagi.

Dan untuk menjaga mata agar tetap berjalan dengan baik anda bisa melakukan cara di bawah ini :

1. Gunakan Kacamata Surya
Terkadang radiasi sinar matahari dapat memicu katarak pada mata yang berkembang lebih cepat. Maka dari itu, jika anda berada di luar ruangan anda perlu menggunakan kacamata surya yang dapat melindungi anda dari sinar ultraviolet a dan sinar ultraviolet b. Selain itu menggunakan topi atau payung juga dapat membantu melindungi mata anda dari sinar ultraviolet.

2.  Gunakan Kacamata Pelindung Mata
Saat anda bekerja dengan bahan-bahan kimia atau alat yang dapat membahayakan mata anda, maka sebaiknya anda menggunakan kacamata pelindung mata untuk menghindari trauma fisik atau kimia yang dapat menyebabkan kebutaan di dalam mata anda.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat
Terkadang kesehatan mata juga dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah, maka dari itu anda belum konsumsi aneka makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah dan juga baik untuk kesehatan anda, seperti halnya mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, serta mengkonsumsi aneka kacang-kacangan dan gandum.

4. Rawatlah Lensa Kontak Anda
Anda perlu juga untuk merawat kebersihan lensa kontak, dimana dengan lensa kontak mata akan membuat mata anda terlindungi.

Demikian artikel kami mengenai Berbagai Cara Perlambat Munculnya Katarak, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.


Berbagai Cara Perlambat Munculnya Katarak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc