IBX5924FE0DD517A Faktor Penyebab Terjadinya Kram Otot Kaki

Informasi KEsehatan dan kecantikan

September 8, 2016

Faktor Penyebab Terjadinya Kram Otot Kaki

Apabila kamu pernah melakukan aktifitas olahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu, mungkin hal ini akan membuat tubuh kamu terjadi kram yang menyakitkan. Dan bahkan apabila kamu tidak sedang melakukan aktifitas olahraga pun kram bisa saja terjadi, misalnya saja ketika tidur kamu juga bisa mengalami kram pada kaki kamu. walaupun hal ini terlihat sepele, namun kram tidak dapat dibiarkan begitu saja karena rasa nyeri yang ditimbulkan terkadang tidak dapat tertahankan.

Mungkin biasanya kram akan terjadi pada saat – saat tertentu saja, namun bagaiman jika hal itu terjadi terlalu sering? Nah berikut ini ada beberapa alasan lain selain karena tidak melakukan pemanasan terjadinya kram.

Dehidrasi
Pada saat tubuh banyak mengeluarkan keringat dan mengeluarkan banyak air, maka tubuh kamu dalam keadaan kekurangan cairan dan elektrolit tubuh sehingga hal  ini menjadi kurang optimal dalam menjaga fungsi kontraksi dan elastisitas otot. Nah konsekuensinya, jika tubuh kamu tidak langsung diberikan asupan cairan , maka hal itu akan membuat otot tubuh akan mudah mengalami kram atau ketegangan pada otot.

Tubuh Kedinginan
Yang perlu kamu ketahui, ternyata suhu sekitar juga dapat menjadi faktor penyebab otot menjadi kram. Suhu yang terlalu rendah ini dapat membuat otot menjadi tegang karena kedinginan. Dan pada saat kedinginan sudah melebihi batas yang bisa ditahan otot tubuh, maka yang terjadi adalah otot mudah kram.

Berada posisi sama dalam waktu lama
Ini bisa terjadi pada saat kamu sedang duduk, berdiri ataupun sedang tidur. Apabila kamu berada pada posisi yang sama seperti itu selama ber jam –jam lamanya, juga dapat membuat otot menjadi kram, karena otot akan ditarik pada waktu yang lama tanpa adanya perubahan posisi tubuh. Nah untuk wanita yang sering mengenakan high hells juga sering mengalami hal seperti ini dan tentunya ini akan menimbulkan rasa nyeri pada betis, pergelangan kaki dan bahkan sampai tulang belakang.

Olahraga tanpa pemanasan
Ini merupakan salah satu alasan yang paling umum terjadi pada seseorang ketika mengalami kram kaki. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya peregangan otot atau pemanasan yang dapat membuat otot merasa kaget ketika tubuh kamu tiba – tiba melakukan berbagai aktifitas yang berbeda dari biasanya atau aktifitas berat yang membutuhkan tenaga lebih. Biasanya otot perlu menyesuaikan terlebih dahulu sebelum dapat melakukan berbagai gerakan yang intens, menghentakkan tubuh dan keras secara mendadak.

Nah itulah beberapa alasan yang menjadi faktor terjadinya kram otot pada kaki. Mungkin jika kamu sering melakukan beberapa hal diatas, sebaiknya mulai dari saat ini perlu memperhatikan hal – hal tersebut. semoga bermanfaat.

Faktor Penyebab Terjadinya Kram Otot Kaki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc