IBX5924FE0DD517A Ketahuilah 5 Penyebabnya Pingsan Mendadak

Berita Terbaru Dipercayai

September 22, 2016

Ketahuilah 5 Penyebabnya Pingsan Mendadak

Pingsan merupakan suatu kehilangan kesadaran yang diakibatkan oleh rendahnya aliran darah ke otak, dimana kondisi seperti ini bisa dialami oleh siapa saja dan dimana saja. Umumnya pingsan merupakan suatu kejadian yang tidak berbahaya, akan tetapi jika tidak ditanggulangi dengan cepat juga dapat menimbulkan berbagai dampak buruk.
Ketahuilah 5 Penyebabnya Pingsan Mendadak

Selain itu, pingsan ini juga dapat menjadi suatu gejala penyakit tertentu yang telah diderita seseorang, serta sekitar 15 sampai 39% orang akan mengalami pingsan paling tidak sekali dalam kehidupannya, apalagi jika orang dengan kondisi medis tertentu yang lebih rentan akan mengalami kelemahan dan terkadang mudah pingsan,  tentunya anda penasaran dengan berbagai macam penyebab seseorang sering pingsan, sebab itu anda bisa membaca di bawah ini untuk menambah informasi dan pengetahuan anda mengenai kesehatan dan medis.

Berikut ini adalah 5 penyebab pingsan mendadak :

1.  Dehidrasi
Terkadang seseorang yang sedang pingsan juga diakibatkan karena kurangnya cairan ke seluruh tubuh serta kurangnya aliran darah ke otak. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa dehidrasi juga bisa meningkatkan resiko pingsan. Saat dehidrasi, volume darah akan berkurang sehingga tekanan darah menjadi rendah. Maka dari itu untuk menghindari hal seperti ini anda perlu meminum cukup air, apalagi saat cuaca panas seperti sekarang ini, pasti anda sangat membutuhkan cairan di dalam tubuh anda, dengan begitu anda diwajibkan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari.

2.  Berdiri Terlalu Lama
Walaupun keseringan duduk dapat mengakibatkan berbagai masalah penyakit, ternyata saat berdiri terlalu lama juga dapat mengakibatkan pingsan. Karena dengan berdiri terlalu lama akan menyebabkan aliran darah berkumpul di bagian kaki yang jauh dari otak.

3. Naik Darah Atau Faktor Emosional
Terkadang bagi sebagian orang dalam melihat suatu memiliki rasa kesal, fobia atau memancing emosi, hal inilah yang bisa menyebabkan ia jatuh pingsan. Hal ini bisa juga terjadi ketika sesuatu yang mengejutkan memicu benturan antara sistem saraf simpatetik dan sistem saraf parasimpatik. Dimana dengan adanya benturan itu akan melambatkan detak jantung dan menyebabkan pembuluh darah melebar, serta mengurangi tekanan darah dan membuat otak kekurangan oksigen. Dengan begitu pasti seseorang akan jatuh pingsan.

4.  Kelelahan
Saat seseorang melakukan berbagai macam aktivitas fisik yang terlalu berat dan kurang tidur dapat menyebabkan tubuhnya mengalami kelelahan sehingga gampang terjadi pingsan.

5.  Ada Gangguan Penyakit
Terkadang tanpa diketahui pingsan juga bisa diakibatkan oleh kondisi medis tertentu seperti halnya kadar gula darah terlalu rendah, tekanan darah rendah atau gangguan jantung dan berbagai penyakit yang lainya. Selain itu ada pula seseorang yang mengalami pusing dan pingsan setiap kali ia bangkit dari duduk untuk berdiri.

Nah, itulah berbagai macam penyebab pingsan mendadak, terkadang jika anda juga menemukan seseorang di dekat anda yang pingsan, anda pasti juga akan bingung dalam menanganinya, anda jangan khawatir karena saat anda khawatir pada seseorang maka orang tersebut bisa juga tidak akan terselamatkan. Maka dari itu yang harus anda lakukan pertama membantu orang tersebut berbaring telentang di tempat yang teduh, setelah itu tumpang kakinya sedikit. Hal ini bertujuan agar darah yang berkumpul di kakinya bisa kembali mengalir ke bagian jantung dan kepala.

Demikian artikel kami mengenai Ketahuilah 5 Penyebabnya Pingsan Mendadak. Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas dapat bermanfaat dan terima kasih.





Ketahuilah 5 Penyebabnya Pingsan Mendadak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc