IBX5924FE0DD517A Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah, Gejala, dan Cara Menghindarinya

Berita Terbaru Dipercayai

September 28, 2016

Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah, Gejala, dan Cara Menghindarinya

Penyakit yang menyerang sistem pernpasan ini disebabkan adanya infeksi dari salah satu bagian ataupun kedua bagian paru-paru. Penyakit paru-paru basah disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dan yang lebih mencengangkan lagi, paru paru basah sebagian besar penderitanya tidak dapat ditolong lagi dan berujung kematian. Penderita penyakit ini memiliki kantung udara yang terdapat di paru parunya dipenuhi dengan cairan yang tentunya mengganggu kerja sistem pernafasan.


Gejala penyakit paru-paru basah adalah sistem pernapasan yang terganggu, hal ini dikarenakan kantung udara yang seharusnya tidak berisi cairan, menjadi berisi cairan yang menghambat pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Dan sebebnarnya banyak lagi gejala dari penyakit paru-paru basah ini. Dan berikut ini merupakan beberapa penyebab paru-paru basah, gejalanya serta dengan cara menghindarinya yang bisa bermanfaat bagi anda untuk mengetahuinya.

Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah, Gejala, dan Cara Menghindarinya

1. Virus
Penyebab yang pertama dari penyakit paru paru basah adalah karena terinfeksi virus.Biasanya anak-anak sangat rentan terhadap virus penyebab paru-paru basah. Gejalanya adalah dengan menurunnya nafsu makan, serta terjadi gangguan pernapasan. Untuk menghindarinya adalah dengan cara menjaga kebersihan tubuh, dengan selalu mencuci tangan sebelum makan atau setelah beraktivitas diluar rumah. Dan dengan minum multivitamin.

2. Bakteri
Bakteri merupakan penyebab selanjutnya dari penyakit paru-paru basah. Bakteri masuk kedalam paru-paru melalui saluran pernafasan dimana udara sudah terkontaminasi oleh bakteri penyebab paru-paru basah. Gejala nya sesak nafas juga disertai nyeri pada bagian tubuh tertentu, jika terus berlanjut, maka parahnya akan terasa sakit kepala di bagian tertentu. Cara menghindarinya adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Dan pastikan untuk selalu membersihkan diri anda setelah dari luar rumah.

3. Virus RSV
Penyebab paling utama dan sering dari penyakit paru-paru basah adalah karena virus RSV dan yang paling banyak diserang oleh virus ini adalah anak-anak dan balita. Gejalanya adalah seperti pada umumnya penderita paru-paru basah yang lainnya. Dan karena hal ini, maka tindakan pencegahannya salah satunya adalah selain vaksinasi juga sangat disarankan jangan membiarkan anak anda sembarangan berinteraksi dengan orang asing atau orang yang sedang dalam kondisi batuk atau flu.

4. Jamur
Biasanya jamur Pneumocytics tidak menjangkiti orang yang tidak terkena virus AIDS. Karena memang orang yang sudah positif AIDS sangat rentan terkena paru-paru basah dengan infeksi jamur sebagai penyebabnya. Memang untuk orang pada umunya,jamur ini memang tidak terlalu berbahaya, akan tetapi akan sangat menimbulkan efek yang agresif dan berbahaya pada paru-paru untuk penderita HIV/AIDS. Untuk penderita HIV/AIDS yang sudah terkontaminasi jamur ini, sangat disarankan rutin memeriksakan kondisi tubuh ke dokter dan juga mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter,agar penyakit paru-paru basah tidak cepat akut.

Itulah beberapa penyebab dari penyakit paru-paru basah berikut gejala dan cara penangannya. Jagalah selalu kesehatan anda dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Jadi virus ataupun bakteri yang berbahaya bagi tubuh bisa dengan mudah ditangkal. Semoga bermanfaat.

Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah, Gejala, dan Cara Menghindarinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc