IBX5924FE0DD517A Inilah 6 Mitos Penyakit Ginjal yang Paling Umum

Berita Terbaru Dipercayai

October 19, 2016

Inilah 6 Mitos Penyakit Ginjal yang Paling Umum

Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi vital, yaitu sebagai saringan ampas metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah, menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, menstimulasi produksi sel merah dan mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh, yang akhirnya dapat membantu jantung dan otot-otot sehingga bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

Dengan begitu dapat disimpulkan, jika organ yang satu ini sangatlah penting bagi kesehatan dalam melakukan aktivitas seseorang setiap harinya. Seorang manusia memiliki dua buah ginjal berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di bawah tulang rusuk manusia, dua buah ginjal itu sangat diperlukan bagi kesehatan seorang manusia, akan tetapi walaupun ginjal ini memiliki aneka fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, tak banyak orang yang bisa memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit ginjal, serta apa saja yang bisa menjadi pemicunya.

Bisa dikatakan jika penyakit ginjal ini adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik oleh ahli yang berwenang. Namun, tidak banyak yang tahu mengenai mitos yang beredar di masyarakat mengenai penyakit ginjal.

Berikut ini adalah 6 mitos penyakit ginjal yang paling umum :

1.   Penyakit Ginjal Merupakan Penyakit Yang Langka
Pasti anda akan terkejut saat mengetahui jika penderita penyakit ginjal cukup banyak di Indonesia, dimana orang-orang yang menderita penyakit ginjal ini akan menjadi kronis karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga organ tubuh yaitu ginjal. Yang harus anda ketahui saat ini, sudah ada banyak sekali kematian yang diakibatkan oleh penyakit kronis seperti halnya penyakit ginjal ini.

Penyakit ginjal sendiri merupakan sebuah penyakit yang angkanya terus meningkat dari tahun ke tahun, penyakit ginjal ini juga diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat serta berbagai macam aktivitas yang tidak memiliki manfaat baik bagi kesehatan seseorang. Jadi kesimpulannya, penyakit ginjal bukan penyakit langka.

2.  Tak Sadar Jika Punya Penyakit Ginjal
 Banyak orang yang tidak sadar ketika dirinya mengalami penyakit ginjal, sehingga sangat lambat mendapatkan penanganan dari medis. Parahnya lagi, banyak orang yang baru mengetahui terdapat penyakit ginjal di dalam dirinya saat sudah stadium lanjut.

3.  Pengujian Penyakit Ginjal Adalah Proses Mahal
Mungkin ini juga bisa dikatakan sebagai mitos, dimana pengujian seperti ini terkadang hanya digunakan untuk melihat ada atau tidaknya penyakit ginjal didalam tubuh seseorang. Ada 2 cara sederhana seperti halnya melalui tes urin untuk mengetahui kadar protein yang ada di dalam diri anda, serta tes darah yang bertujuan untuk memperkirakan GFR  atau glomerular filtration rate. Nah pastinya tidak mahal kan melakukan serangkaian tes tersebut?

4.  Penyakit Ginjal Tidak Dapat Dicegah
 Yang perlu anda ketahui, tidak semua orang beresiko menderita penyakit ginjal, dengan begitu kata-kata ini hanyalah mitos belakang, karena anda bisa melindungi ginjal anda dengan cara makan sehat dan alami, berolahraga secara teratur, mengontrol tekanan darah dan gula darah, menjaga berat badan, berhenti melakukan berbagai aktivitas aktivitas yang tidak sehat, seperti halnya merokok dan mengkonsumsi obat secara berlebihan. Tentunya dengan menghindari berbagai macam hal tersebut pasti anda akan bisa memiliki ginjal yang utuh.

5.  Tidak Ada Yang Tahu Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ginjal
 Anda pasti sudah mengetahui jika ada dua penyebab utama dari penyakit ginjal, yaitu diabetes dan tekanan darah tinggi. Dimana kedua penyakit tersebut sangat membahayakan ginjal anda, karena dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal anda. Selain itu ada juga berbagai macam penyebab yang bisa anda ketahui saat anda terkena penyakit ginjal, seperti halnya penyakit jantung glomerulonefritis serta penyakit ginjal polikistik, dengan begitu saat anda terkena penyakit ini sebaiknya anda mencoba untuk mengatur pola hidup yang lebih baik serta memeriksakan diri di dokter.

6.   Satu-Satunya Pengobatan Untuk Penyakit Ginjal Adalah Dialisis
Yang perlu anda ketahui, tidak semua orang dengan penyakit ginjal perlu di dialysis. Karena pengobatan alami juga banyak, seperti rajin berolahraga, makan makanan yang sehat dan teratur serta menjaga pola hidup yang sehat.
Demikian artikel kami mengenai Inilah 6 Mitos Penyakit Ginjal yang Paling Umum. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih


Inilah 6 Mitos Penyakit Ginjal yang Paling Umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc