IBX5924FE0DD517A 6 Risiko dan Bahaya Diet Instan Bagi Kesehatan Tubuh

Informasi KEsehatan dan kecantikan

May 14, 2017

6 Risiko dan Bahaya Diet Instan Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi Anda yang tengah berupaya menurunkan berat badan maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu berbagai risiko dan bahaya diet instan. Ya, mungkin tidak sedikit kalangan yang ingin mendapatkan hasil cepat atau instan ketika menurunkan berat badan. Terlebih di era modern seperti sekarang ini, dimana banyak hal dapat dilakukan secara instan.

6 Risiko dan Bahaya Diet Instan Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak terkecuali pada metode untuk menurunkan berat badan atau diet. Karena pada saat ini, diet juga tersedia dalam metode cepat atau metode instan. Dibandingkan metode lainnya, diet instan memang cenderung lebih banyak dipilih oleh banyak orang. Pasalnya setiap individu yang melakukan diet biasanya cenderung ingin hasil tercepat.

Risiko dan Bahaya Diet Instan

Akan tetapi perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa diet instan memiliki cukup banyak risiko bagi kesehatan tubuh. Dibalik hasilnya yang instan atau cepat, terdapat beberapa bahaya yang wajib di khawatirkan. Pasalnya jika berat badan seseorang turun secara drastis dalam waktu singkat, maka sudah tentu sistem metabolisme tubuhnya pun akan terganggu.

Dengan kondisi tersebut, maka tak heran jika pakar kesehatan banyak yang menentang metode diet instan ini. Karena diet instan memang berpotensi mengancam kesehatan tubuh para pelakunya. Untuk itulah bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara sehat, maka ketahui terlebih dahulu beragam risiko dan bahaya diet instan bagi kesehatan tubuh berikut ini.

1. Risiko Anemia

Salah satu risiko yang mengancam kesehatan tubuh saat melakukan diet instan adalah anemia atau kurang darah. Khususnya bagi para wanita yang lebih banyak membutuhkan zat besi karena adanya fase menstruasi. Karena saat melakukan program diet instan, maka akan terjadi pemangkasan kebutuhan nutrisi secara besar-besaran yang mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi.

2. Masa Otot Berkurang

Selain beresiko terkena anemia, salah satu dampak negatif dari diet instan adalah hilangnya masa otot tubuh. Kurangnya asupan protein ke dalam tubuh jelas akan membuat masa otot berkurang sedikit-demi sedikit. Kondisi tersebut jelas akan menganggu fungsi tubuh, protein tidak hanya berpengaruh pada masa otot, namun juga berpengaruh pada daya tahan tubuh.

3. Berpotensi Mengalami Eating Disorder

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan sebutan seperti anoreksia atau bulimia. Kedua gangguan kesehatan tersebut merupakan kondisi weight phobia atau ketakutan akan bertambahnya berat badan. Kondisi tersebut bisa saja menjadi sebuah kebiasaan saat seseorang mulai melakukan diet instan.

4. Daya Tahan Tubuh Berkurang

Ya, potensi ini juga masuk pada salah satu tingkat risiko utama yang akan di alami oleh mereka yang mencoba diet instan. Dengan asupan nutrisi yang minim, maka jangan heran jika ketahanan tubuh pun akan berkurang secara signifikan. Kondisi tersebut juga akan membuat tubuh lebih mudah terjangkit berbagai macam penyakit.

5. Mudah Lelah

Salah satu dampak negatif lain yang juga akan terlihat secara signifikan adalah kelelahan atau tubuh yang mudah lelah. Program diet instan biasanya akan mengharuskan pelakunya menahan nafsu makan. Kondisi ini jelas akan membuat tubuh kekurangan banyak nutrisi yang merupakan sumber energi. Sehingga dampaknya tubuh akan lebih mudah lelah.

6. Berbahaya Bagi Organ Hati

Salah satu jurnal penelitian pernah menyebutkan, bahwa penurunan berat badan secara drastis dapat berdampak negatif pada fungsi hati. Ketidak stabilan berat badan disinyalir dapat berpotensi meningkatkan kadar lemak pada organ hati. Dengan begitu, tubuh akan berpotensi lebih besar terkena penyakit-penyakit degeneratif yang berbuhan dengan hati.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beragam risiko dan bahaya diet instan bagi kesehatan tubuh kita. Semoga informasi kesehatan dan kecantikan terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

6 Risiko dan Bahaya Diet Instan Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yanuar endriant