IBX5924FE0DD517A 7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Informasi KEsehatan dan kecantikan

May 31, 2017

7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Untuk Anda yang belum mengetahui berbagai macam manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh, maka dapat mengetahui informasinya pada ulasan yang akan coba kita bahas di kesempatan kali ini. Ya, karena sebagian kalangan mungkin masih beranggapan bahwa berpuasa di bulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan.

7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Namun pada nyatanya, puasa tidak hanya sebagai kewajiban saja melainkan memiliki berbagia macam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, karena dari zaman dahulu sudah banyak penelitian ilmiah yang dilakukan dan membuktikan bahwa berpuasa dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Bahkan pada beberapa kondisi, berpuasa juga akan membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Maka dari itulah saat berpuasa, tidak hanya kesehatan rohani saja yang akan di rasakan, melainkan akan mendapatkan kesehatan jasmani dan juga sosial. Untuk Anda yang penasaran, maka inilah sederet manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh kita.

1. Keseimbangan Pada Katabolisme dan Anabolisme

Salah satu manfaat dari berpuasa adalah seimbangnya anabolisme dan katabolisme. Dimana efeknya adalah peremajaan sel dan juga komponen-komponen lainnya. Kondisi tersebut berbeda dengan starvasi atau kelaparan yang beresiko terhadap sirosis hati, karena saat berpuasa maka fungsi hati akan tetap berfungsi dengan baik dan aktif.

2. Menghindari Pengasaman di Dalam Darah

Saat menjalankan ibadah puasa, diketahui bahwa kadar asam amino akan teroksidasi secara perlahan. Sehingga zat keton pun tidak akan meningkat di dalam darah. Dengan kondisi tersebut, maka dapat dipastikan tidak akan terjadi tingkat pengasaman di dalam darah. Berbeda dengan saat tidak berpuasa, dimana tingkat pengasaman darah lebih mungkin terjadi.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari berpuasa yang akan dirasakan adalah menurunnya berat badan. Sehingga berpuasa juga dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi obesitas atau berat badan berlebih. Hal tersebut tentu saja jika di imbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat dan tidak asal-asalan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Percaya atau tidak, berpuasa juga ternyata dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut diketahui karena saat berpuasa, kadar lemak LDL akan berkurang atau menurun. Dan dampaknya sangat baik bagi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Selain itu, penimbunan lemak pada jantung pun akan berkurang saat melakukan ibadah puasa.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Saat berpuasa, maka dapat dipastikan bahwa konsumsi air ke dalam tubuh akan terhenti selama beberapa jam. Hal tersebut ternyata cukup efektif dalam meningkatkan konsentrasi urin serta kekuatan osmosis urin di dalam ginjal. Sehingga efeknya dapat memberikan perlindungan tersendiri pada fungsi ginjal.

6. Menignkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Walaupun secara keseluruhan leukosit atau sel darah putih tidak mengalami perubahan, namun saat berpuasa terjadi peningkatan pada limfosit dengan intensitas hingga sepuluh kali lipat. Dan kondisi tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuh karena dapat menghindari kondisi penyakit jantung dan juga pembuluh darah.

7. Menyeimbangkan Psikologis

Saat kita berpuasa, maka tingkat adrenalin di dalam tubuh pun akan berkurang secara signifikan. Melalui kondisi tersebut, maka tingkat psikologis seseorang pun akan lebih tenang dan seimbang. Dengan kondisi psikologis yang tenang dan tidak penuh dengan amarah, maka kesehatan tubuh pun akan lebih terjaga dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

Itulah sedikitnya tujuh manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak kalangan pada umumnya. Semoga informasi kesehatan terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yanuar endriant