IBX5924FE0DD517A Inilah 6 Posisi Tidur yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh

Berita Terbaru Dipercayai

June 3, 2017

Inilah 6 Posisi Tidur yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh

Dapat mengetahui berbagai posisi tidur yang tepat untuk kesehatan tentu akan menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda. Ya, percaya atau tidak, posisi tidur kita sehari-hari pun ternyata memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan tubuh. Hanya saja mungkin hal tersebut kurang disadari oleh sebagian kalangan pada umumnya.

Inilah 6 Posisi Tidur yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa idealnya orang dewasa akan membutuhkan waktu tidur minimum 7 hingga 9 jam setiap harinya. Dalam kurun waktu tersebut, tubuh akan melalui proses regenerasi serta pemulihan hingga tubuh memiliki stamina yang penuh kembali. Maka dari itulah mengapa sebenarnya cukup banyak hal yang harus diperhatikan ketika kita tidur.

Posisi Tidur yang Tepat untuk Kesehatan

Salah satunya seperti posisi tidur. Dan ternyata, tidur dalam posisi tertentu akan membantu kesehatan tubuh kita hingga membantu meringankan beberapa permasalahan kesehatan dalam tubuh. Untuk Anda yang ingin mengetahuinya, berikut ini adalah posisi tidur yang tepat untuk kesehatan dan dapat meringankan masalah kesehatan tubuh kita.

1. Masalah Pencernaan dan Sakit di Bahu

Posisi tidur menyamping dengan kaki ditekuk ternyata dapat membantu meringankan sakit di bagian bahu. Posisikan bahu yang terasa sakit di bagian atas, dan dapat menggunakan bantal tambahan pada bagian bahu di dekat dada. Sedangkan untuk masalah pencernaan, cobalah tidur dengan posisi tersebut namun menghadap ke kiri.

2. Nyeri Punggung

Posisi tidur terlentang dengan meletakan bantal atau guling di bagian bawah lutut ternyata dapat membantu meringankan nyeri atau sakit punggung. Selain itu, kita juga dapat meletakan gulungan handuk kecil di bagian bawah lekuk punggung untuk menyangga. Namun usahakan dalam posisi yang nyaman agar nyeri tidak bertambah parah.

3. Masalah Sinusitis dan Pernapasan

Posisi tidur dengan bagian kepala ditinggikan diketahui dapat membantu meringankan permasalahan pernapasan, salah satunya seperti sinusitis. Cobalah untuk menambah atau menyusun beberapa bantal pada bagian kepala hingga posisinya lebih tinggi dari tubuh. Sesuaikan juga tingginya agar leher tidak sakit ketika kita bangun tidur nanti.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Walaupun berkesan kurang nyaman, ternyata tidur dengan posisi telungkup dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Walaupun secara perlahan, namun cara ini diketahui efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, karena pernah terdapat studi kesehatan yang melakukan penelitian terhadap hal tersebut.

5. Meringankan Nyeri Saat Haid

Tidak hanya bagian perut, saat haid, biasanya sebagian wanita juga akan merasakan sakit di bagian punggung. Untuk meringankan rasa sakit tersebut, cobalah untuk menambahkan bantal atau guling pada bagian bawah lutut. Cara ini bertujuan agar tulang punggung tidak terlalu membungkuk atau melengkung dan meringankan rasa nyeri.

6. Meringankan Sakit Perut dan Mual

Jika Anda mengalami sakit perut atau mual, maka cobalah untuk tidur dengan posisi tubuh menyamping lurus. Posisikan lengan dan kaki lurus searah saat tidur menyamping, dan sebaiknya tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Karena saat tubuh tidur dengan posisi menyamping ke kiri, maka akan membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh.

Itulah beberapa posisi tidur yang dapat dicoba ketika Anda mengalami beberapa masalah kesehatan. Posisi tidur tersebut tentu saja tidak serta merta langsung menyembuhkan keluhan atau rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh. Hanya saja, dengan posisi tidur yang tepat, maka rasa sakit pun akan berkurang sedikit demi sedikit.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa posisi tidur yang tepat untuk kesehatan yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.

Inilah 6 Posisi Tidur yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yanuar endriant