IBX5924FE0DD517A Tanaman Hias yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Berita Terbaru Dipercayai

June 14, 2017

Tanaman Hias yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang gemar mengoleksi tanaman hias maka sebaiknya mengetahui beberapa jenis tanaman hias yang berbahaya bagi kesehatan berikut ini. Ya, dibalik rupanya yang menawan, beberapa jenis tanaman hias ini diketahui memiliki racun yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tak di inginkan.

Tanaman Hias yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Pada dasarnya, tanaman hias memang memiliki banyak manfaat bagi rumah dan penghuninya. Selain membuat tampilan rumah tampak lebih cantik dan berwarna, tanaman hias juga mampu membersihkan udara di sekitarnya. Itulah sebabnya mengapa tanaman hias juga kerap disimpan di dalam rumah.

Tanaman Hias yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Namun seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa terdapat beberapa jenis tanaman hias yang berbahaya bagi kesehatan. Rupanya tidak hanya pada manusia saja, melainkan juga berlaku pada hewan peliharaan. Lantas, tanaman hias apa saja yang berpotensi membahayakan kesehatan? Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias yang berbahaya bagi kesehatan.

1. Bunga Lili

Pada dasarnya, bunga lili yang banyak terdapat di Indonesia memiliki warna putih bersih pada selurh kelopaknya. Bentuknya yang indah dan menawan, membuat jenis bunga ini banyak disukai dan digunakan sebagai tanaman hias di rumah.

Namun diketahui bahwa bunga lili ini dapat membahaykan kesehatan hewan peliharaan seperti kucing, terutama pada jenis genus hemerocallis. Karena jika tak sengaja di konsumsi, kandungan yang terdapat di dalam bunga ini dapat menyebabkan gagal ginjal hingga risiko kematian.

2. Kuping Gajah

Sesuai dengan namanya, daun tanaman ini memang unik dan mirip dengan bentuk kuping gajah yang lebar. Dan hingga saat ini, jenis tanaman hias ini juga dapat dikatakan paling mudah dijumpai di berbagai pekarangan rumah.

Akan tetapi, perlu diketahui jika kuping gajah ini tak sengaja tertelan, maka dapat menyebabkan pembengkakan pada dinding saluran pernapasan dan menutup jalan udara. Bahkan jika getahnya terkena kulit, akan menyebabkan sensasi seperti terbakar hingga gatal-gatal.

3. Oleander

Oleander atau bunga jepun adalah salah satu jenis tanaman hias yang juga cukup banyak digemari. Bentuknya yang indah dan cantik serta gradasi warnanya yang menawan memang merupakan daya tarik utama dari tanaman hias ini.

Tidak berbeda dari jenis tanaman hias sebelumnya, bunga ini juga memiliki racun yang berbahaya. Jika bunga tersebut tidak sengaja tertelan, maka dapat menyebabkan keracunan dengan gejala seperti gemetar, detak jantung melambat, hingga megantuk.

4. Hydrangea

Satu lagi jenis tanaman hias yang memiliki tampilan sangat menawan dan cantik namun berbahaya yakni hydrangea atau yang dikenal juga dengan nama hortensia. Warnanya sangat cantik dan di dominasi oleh warna biru dengan gradasi keunguan.

Akan tetapi, jenis tanaman hias ini diketahui memiliki kandungan racun sianida. Oleh sebab itu, sebaiknya berhati-hati saat akan memelihara tanaman ini dirumah. Pasalnya jika tertelan oleh manusia ataupun hewan peliharaan, maka akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

5. Rhododendron

Jenis tanaman hias ini memang selalu mampu menarik perhatian dari setiap mata yang melihatnya. Warnanya yang mencolok dan indah sepertinya merupakan daya tarik utama dari bunga rhododendron ini.

Namun sebaiknya berhati-hati terhadap jenis tanaman hias ini, karena baik bunga, daun, ataupun batangnya diketahui memiliki racun yang berbahaya. Pasalnya jika tak sengaja tertelan, maka akan menimbulkan kesulitan bernapas, sakit perut, lumpuh, bahkan hingga koma dan menyebabkan kematian.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa jenis tanaman hias yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita maupun hewan peliharaan. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tanaman Hias yang Berbahaya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yanuar endriant