IBX5924FE0DD517A Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Berita Terbaru Dipercayai

August 9, 2017

Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami — Menambah nafsu makan sangat diperlukan bagi orang yang kekurangan gizi. Dengan mengonsumsi makanan yang banyak maka diharapkan bisa menambah berat badan dan mengurangi resiko kekurangan gizi. Karena dengan makan kita memperoleh sumber vitamin, energy, nutrisi, lemak dan karbohidrat bagi tubuh. Jika unsur-unsur yang diperlukan bagi tubuh kurang terpenuhi, hal ini akan menyebabkan perlambatan pertumbuhan bagi tubuh Anda.

Kekurangan nafsu makan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, umunya yang sering terjadi adalah penyakit ringan seperti : radang tenggorokan, sakit gigi, sariawan, naiknya asam lambung, influenza, demam, dan perubahan mood. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu waspada terhadap penyakit yang menyerang tubuh. Berikut beberapa cara menambah nafsu makan secara alami yang bisa Anda coba.

1.      Temulawak
Tanaman sudah sejak lama dikenal di Indonesia untuk mengatasi nafsu makan yang berkurang. Umumnya, nafsu makan yang berkurang diderita oleh bayi atau balita. Temulawak memiliki kandungan senyawa kimia yang terdapat pada akar dan rimpangnya, seperti : fellandrean dan tumerol atau minyak menguap. Ada juga kandungan lain seperti : minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan kurkuminoid yang dipercaya dapat membantu nafsu makan Anda. Untuk menambah nafsu makan dengan bahan ini, biasanya dibuat jamu atau vitamin.

2.      Pare
Cara kedua untuk menambah nafsu makan adalah dengan mengonsumsi pare. Anda bisa membuat sayur pare, meskipun tamanan ini terasa pahit. Namun, Anda dapat mengonsumsi pare dengan siomay untuk mengurangi rasa pahit dari sayuran ini. Selain digunakan sebagai penambah nafsu makan pare juga bermanfaat untuk membersikan darah, mencegah kanker, dan menghilangkan jerawat.

3.      Daun Pepaya
Daun papaya atau kates paling enak dihidangkan dengan diolah menjadi pecel. Daun papaya terbukti secara efektif dapat menambah nafsu makan dengan cara meminum air perasannya. Walaupun, air perasan daun papaya memiliki rasa yang cukup pahit, namun bisa dijadikan cara yang efektif untuk menambag nafsu makan. Daun papaya juga bisa digunakan untuk menurunkan demam dan luka pada bagian tubuh.

4.      Daun Kenikir
Daun kenikir memiliki khasiat dan manfaat terutama untuk kesehatan. Daun kenikir efektif untuk menyembuhkan penyakit jantung, maag, kanker dan bisa dijadikan sebagai obat penambah nafsu makan. Daun kenikir oleh orang Jawa dijadikan sebagai lalapan yang nikmat. Anda perlu mencuci daun kenikir hingga bersih untuk dijadikan sebagai obat atau bahan masakan.

5.      Jahe
Bahan alami lain yang digunakan untuk penambah nafsu makan adalah jahe. Tanaman ini mengandung agen aktif zingerone yang menjadi obat dari suatu penyakit dan penambah nafsu makan. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam keadaan mentah atau bisa mengolahnya menjadi wedang jahe serta jamu. Caranya dengan mengupas jahe dan menumbuknya hingga halus setelah itu siram dengan air panas.


Demikian beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk penambah nafsu makan. Anda perlu berhati-hati, karena jika menggunakan bahan alami yang berlebihan akan memicu timbulnya suatu penyakit atau efek ringan. Semoga Bermanfaat. 

Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc