IBX5924FE0DD517A Cara Mengatasi Serangan Asma yang Menyerang Secara Tiba-tiba

Informasi KEsehatan dan kecantikan

August 4, 2017

Cara Mengatasi Serangan Asma yang Menyerang Secara Tiba-tiba

Penyakit asma merupakan penyakit yang sering terjadi, penyakit ini disebabkan karena otot yang terjadi di daerah paru-paru mengalami ketegangan. Bila seseorang mengalami asma secara tiba-tiba akan berakibat fatal jika tidak segera ditolong. Penyakit ini belum dapat diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun Anda harus waspada akan penyakit ini.

Penyakit asma bisa dicegah namun sangat sulit untuk mengobatinya. Sebagian besar orang akan merasa panik jika penyakit asma menyerang keluarga atau kerabatnya. Terutama bagi orang yang belum berpengalaman terhadap penyakit ini. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi serangan asma yang menyerang secara tiba-tiba.


1.      Gunakan Inhaler
Inhaler merupakan alat bantu pernapasan yang digunakan oleh penderita asma untuk meredakan asma secara tiba-tiba. Biasanya penderita asma membawa alat bantu ini kemana pun ia pergi. Jika kerabat atau keluarga Anda terserang asma secara tiba-tiba Anda bisa membantu menggunakan inhaler kepada penderita. Bantulah penderita asma menggunakan inhaler, biasanya tangan penderita akan merasa kaku jika asma menyerang tiba-tiba.

2.      Kenali Kondisi Penderita
Dengan mengenali kondisi penderita, Anda bisa membantu memberikan pertolongan pertama. Amatilah gejala yang ditimbulkan ketika asma menyerang secara mendadak. Setelah itu berilah obat yang semestinya diberikan bagi penderita asma. Dalam kondisi seperti ini baik penderita dan penolong jika boleh panik, karena panic hanya akan memperkeruh suasana.

3.      Bawa Penderita Ke Tempat yang Lebih Sejuk
Anda bisa membawa penderita asma ke tempat yang lebih sejuk, hal ini akan mengurangi kejang-kejang hebat dan meredakan otot dalam paru-paru. Tempat yang lebi sejuk juga menghasilkan udara yang lebih segar dibandingkan pada keramaian. Segeralah membawa penderita asma ke tempat yang lebih sejuk untuk memberikan pertolongan pertama.

4.      Pijat Bagian Jempol Kakinya
Anda bisa mengatasi serangan asma dengan memijat bagian atas 3 hingga 5 cm dari jempol kaki. Karena bagian ini terhubung dengan syaraf pada paru-paru. Pijat lah secara perlahan untuk meredakan serangan asma, jangan memijatnya terlalu keras karena hal ini dapat menyebabkan terkejutnya penderita.

5.      Segeralah Bawa Ke Dokter
Cara yang paling efektif untuk menangani serangan asma secara tiba-tiba adalah dengan membawa penderita ke dokter yang terdekat. Penderita akan mendapatkan pertolongan langsung dari dokter. Namun, sebelum membawanya ke dokter Anda perlu memberikan pertolongan pertama kepada penderita yaitu dengan inhaler.

6.      Tetap Tenang dan Jangan Panik
Dalam menangani serangan asma yang terjadi secara tiba-tiba sebaiknya Anda tidak perlu panik. Karena panik hanya akan memperkeruh suasana. Tetaplah tenang dan cobalah mencari obat pereda asma yang ada disekitar penderita. Biasanya penderita akan membawa obat atau inhaler ke berbagai tempat untuk menangani serangan secara mendadak.


Demikian beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasi serangan asma yang menyerang secara tiba-tiba. Anda tidak perlu panik jika kerabat atau keluarga terserang asma secara tiba-tiba. Bawalah penderita ke tempat yang lebih sejuk untuk segera ditangani. Semoga Bermanfaat. 

Cara Mengatasi Serangan Asma yang Menyerang Secara Tiba-tiba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc