IBX5924FE0DD517A Cara Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil

Informasi KEsehatan dan kecantikan

August 5, 2017

Cara Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil

Cara Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil — Kolesterol sangat diperlukan bagi tubuh, namun Anda harus tetap menjaganya agar tetap normal. Karena, dengan menjaga kolesterol tentu akan membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari suatu penyakit. Kekurangan kadar kolesterol dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Jika pembuluh darah pecah akan berdampak juga bagi organ-organ yang lain.

Kadar kolesterol yang tinggi disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu, Anda perlu memperbaiki pola hidup dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna serta rutin berolahraga. Selain dengan menerapkan pola hidup yang sehat, Anda dapat menjaga kolesterol dengan diet sehat dan berpuasa. Berkut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kolesterol agar tetap stabil.

1.      Mengonsumsi Makanan yang Sehat
Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil. Anda bisa menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna untuk menjaga kolesterol di dalam tubuh. Makanan berminyak seperti gorengan mengandung HDL yang tidak baik bagin kesehatan tubuh dan penyembab utama kolesterol meningkat. Penuhilah asupan lemak dalam tubuh yakni sebesar 20 gram saja, jika kelebihan lemak dapat memicu obesitas.

2.      Perbanyak Olahraga
Dengan berolahraga Anda dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jika Anda rutin berolahraga selama 30 menit perhari dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jika Anda tidak bisa berolahraga setiap hari, maka luangkan waktu Anda selama 40 hingga 60 menit untuk berolahraga selama 3 kali dalam satu minggu. Karena dengan rutin berolahraga dapat membantu tubuh agar terhindar dari suatu penyakit.

3.      Berhenti Merokok
Merokok merupakan kegiatan buruk yang banyak orang mengacuhkannya. Merokok telah terbukti secara medis dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan zat yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan arteri atau endothelium mengalami kerusakan sehingga kadar HDL menurun dan bersamaan dengan itu kolesterol jahat akan mengalami peningkatan.

4.      Jaga Berat Badan Anda
Menjaga berat badan agar tetap seimbang dapat membantu menjaga kolesterol pada tubuh. Dengan menjaga berat badan Anda akan termotivasi tidak memiliki berat badan yang berlebihan. Berat badan yang ideal yakni tinggi badan dikurangi 110, misalnya tinggi badan Anda 160 cm makan berat badan yang ideal bagi tubuh Anda adalah 160-110 = 50 kg. berat badan bisa dijaga dengan diet yang sehat.

5.      Kurangi Stress
Stress atau depresi dapat membuat tekanan darah meningkat dan memperbesar resiko naiknya kadar kolesterol dan serangan jantung. Anda dapat menghilangkan stress dengan cara refreshing atau berolahraga. Jika hal itu tidak mempan, lakukan lah kegiatan yang menyenangkan seperti bertemu keluarga atau pasangan, yoga, berenang dan melakukan hobi Anda.

6.      Konsumsi Makanan Penurun Kadar Kolesterol
Kolesterol dalam tubuh bisa dikurangi jika Anda mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi kadar kolesterol seperti : kacang-kacangan, bayam, ikan yang mengandung omega 3, buncis, beras merah, sereal, dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsi makanan penurun kadar kolesterol Anda dapat menjaga kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kolesterol agar tetap stabil. Umumnya penyebab tingginya kadar kolesterol disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, maka dari itu terapkan pola makan sehat mulai sekarang. Semoga Bermanfaat.


Cara Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc