IBX5924FE0DD517A Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Berita Terbaru Dipercayai

August 12, 2017

Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi — Kesehatan gigi wajib dijaga, selain menjaga kesehatan tubuh, Anda juga perlu menjaga kesehatan gigi. Jika gigi rusak, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk mengunyah makanan. Gigi yang sakit juga membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan gigi setiap saat, yakni dengan membersihkan gigi setiap hari dan kenali jenis makanan yang membuat gigi rusak.


Banyak orang yang tidak sadar apa yang mereka konsumsi justru menyebabkan gigi menjadi rusak. Yakni makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dan makanan yang mempunyai tingkat kekerasan yang tinggi pula. Maka dari itu, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman perusak gigi yang perlu Anda ketahui.

1.      Kopi
Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein dan kadar asam yang tinggi. Minuman ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki pekerjaan fulltime dan minuman yang efektif untuk menghindari rasa kantuk. Dengan kadar asam dan kafein yang tinggi kopi tidak cocok dikonsumsi terus menerus. Karena dikhawatirkan akan merusak gigi.

2.      Permen dan Coklat
Permen sudah sejak lama dikenal sebagai makanan perusak gigi. Karena permen mengandung kada gula yang tinggi dan bersifat keras. Bagi sebagian besar orang yang menggigit permen akan merasakan ngilu dan sakit, karena sifatnya yang keras. Jika memakan permen berlebihan akan membuat gigi berlubang.

3.      Kacang Keras
Kacang yang keras merupakan salah satu makanan perusak gigi. Selain membuat gigi retak, kacang juga merusak gigi implant, gigi palsu dan kawat gigi. Bagi Anda yang sering mengalami sakit gigi, dianjurkan untuk menghindari makanan ini. Makanlah kacang sedikit saja dan jangan terlalu berlebihan.

4.      Es
Mengunyah es terlalu keras dapat merusak enamel dan membuat gigi rapuh. Selain itu, es jika dikunyah dapat membuat gigi menjadi ngilu. Walaupun ada pasta yang dapat mengurangi ngilu jika menguyah es, namun pasta tersebut tidak dapat digunakan secara permanen. Efeknya hanya dapat dirasakan beberapa menit saja. Untuk itu, hindarilah es jika Anda kerap mengalami sakit gigi.

5.      Minuman Bersoda
Selain kopi, minuman bersoda juga memiliki kadar asam yang tinggi. Minuman bersoda dapat merapuhkan gigi, sehingga gigi dapat keropos sejak dini. Kebiasaan buruk seseorang menggunakan soda untuk berkumur, hal ini memang menyenangkan. Namun, efek yang ditimbulkan bisa meningkatkan resiko kerusakan pada gigi. Anda sebaiknya segera menelan minuman bersoda dan jangan gunakan untuk berkumur.

6.      Minuman Isotonik
Minuman isotonik mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat merusak gigi. Bagi Anda yang memiliki gigi berlubang, hindari lah mengonsumsi minuman ini secara berlebihan. Kadar gula yang tertinggal di dalam mulut dapat membuat gigi berlubang. Walupun minuman isotonik cocok dikonsumsi jika mengalami dehidrasi berat, namun Anda jangan mengonsumsi minuman ini secara berlebihan.

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman perusak gigi. Anda harus menghindari makanan dan minuman ini jika telah mengalami gigi berlubang. Karena jenis makanan dan minuman ini akan memperparah kerusakan gigi. Semoga Bermanfaat.


Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc