IBX5924FE0DD517A Kumpulan Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Berita Terbaru Dipercayai

August 7, 2017

Kumpulan Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Kumpulan Makanan Penurun Kadar Kolesterol — Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, namun kelebihan kolesterol tidak baik bagi tubuh. Kelebihan kolesterol menyebabkan terjadinya pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah. Jika pembuluh darah sempit menyebabkan aliran darah terhambat dan meningkatkan resiko jantung koroner. Selain itu, kolesterol yang terlalu banyak bagi tubuh bisa memicu terkena serangan darah tinggi (hipertensi).

Menurunkan kadar kolesterol dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Anda harus menerapkan pola makan sehat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat (low-density lipoprotein) perlu disingkirkan dari tubuh Anda melalui makan makanan yang rendah kolesterol atau menghindari penyebab kolesterol tinggi. Berikut beberapa makanan penurun kadar kolesterol yang perlu Anda ketahui.

1.      Kacang-Kacangan
Memakan kacang-kacang lebih baik daripada memakan kentang. Karena, karbohidrat di dalam kentang akan menaikan kadar gula dalam darah. Maka dari itu, jika Anda penderita kolesterol sebaiknya mulai menghentikan konsumsi kentang dan mulai menggantinya dengan kacang-kacangan. Kacang-kacangan memiliki kadar gula yang rendah.

2.      Bayam
Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang enak jika dikonsumsi. Bayam mengandung zat besi dan zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain bayam berguna bagi kesehatan mata, bayam juga digunakan sebagai pelindung jantung dari lemak yang masuk melalui pembuluh darah. Bayam merupakan jenis sayuran yang digunakan untuk penurun kadar kolesterol. Anda bisa mengolah bayam menjadi jus, sayur bayam atau keripik bayam.

3.      Ikan yang Mengandung Omega 3
Makan penurun kolesterol selanjutnya adalah ikan yang mengandung omega 3. Makan lah ikan yang mengandung omega 3 2 hingga 3 kali dalam seminggu, untuk memenuhi kebutuhan akan lemak bagi tubuh. Ikan yang mengandung asam lemak omega 3 antara lain : ikan kembung, sarden, tuna, trout, marakel, salmon dan sebagainya.

4.      Buncis
Buncis adalah sayuran hijau yang rendah lemak. Buncis merupakan makanan yang efektif bagi para penderita diabetes insulin. Sayuran ini akan membantu mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Buncis bisa diolah menjadi jus buncis dan oseng buncis, jadi Anda tidak perlu khawatir dan kesulitan dalam mengolahnya.

5.      Beras Merah
Beras merah umumnya menjadi makanan bagi burung. Namun, beras merah juga akan terasa enak jika dimasak dan dibuat bubur. Beras merah kaya akan vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien yang efektif untuk menurunkan kadar lemak dan kadar gula dalam darah. Manfaat lain dari beras merah yakni dapat digunakan sebagai makanan untuk diet dan menambah berat badan.

6.      Gandum
Gandum dikenal sebagai makanan penurun kolesterol yang paling efektif digunakan oleh sebagian besar orang. Selain digunakan untuk menurunkan kolesterol gandum juga berguna untuk menangani resiko penyakit diabetes. Anda dapat membuat bubur sendiri dengan bahan dasar gandum atau membeli makanan yang terbuat dari gandum seperti : sereal, biscuit, bubur, roti dan lain-lain.

Demikian beberapa makanan yang terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain makanan ada pula buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kolesterol, diantaranya : anggur, mangga, alpukat, apel, strawberry, jambu biji dan sebagainya. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, Anda perlu mengontrolnya setiap pekan dengan hal tersebut, Anda telah memulai langkah untuk menerapkan pola hidup sehat. Semoga Bermanfaat.



Kumpulan Makanan Penurun Kadar Kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc