IBX5924FE0DD517A Penyebab Timbulnya Keputihan

Informasi KEsehatan dan kecantikan

September 19, 2017

Penyebab Timbulnya Keputihan

Penyebab Timbulnya Keputihan –Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi menjelang menstruasi. Namun jika intensitasnya lebih banyak dan menimbulkan bau tentunya perlu untuk diwaspadai. Keputihan yang perlu diwaspadai ini bisa disebabkan karena faktor dari luar tubuh. misalnya bakteri, jamur dan virus. Sangat penting mengetahui penyebab keputihan ini karena bisa segera mencegahnya agar tidak menggangu organ kewanitaan anda. selain itu jika dibiarkan saja akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seputar organ kewanitaan.

Faktor penyebab keputihan ini bisa dicegah dengan mudah. salah satunya dengan gaya hidup bersih dan juga tidak sembarangan memilih produk perawatan organ kewanitaan. Faktor-faktor ini memiliki tingkatan tersendiri mulai dari tingkatan awal yang mudah diatasi hingga tingkat tinggi yang memerlukan penanganan khusus. Mengetahui penyebab keputihan ini juga akan berpengaruh dalam mengobatinya secara tepat. Dibawah ini ulasan selengkapnya untuk penyebab keputihan yang bisa anda ketahui. 

Beberapa Faktor Penyebab Keputihan

1. Kuman
Penyebab pertama adalah kuman. Kuman yang tumbuh didaerah kewanitaan bisa terjadi karena kurang higienisnya air yang digunakan untuk mencuci atau kelembapan area kewanitaan yang tidak stabil. Kuman yang masuk kedalam area ini akan menyebabkan keputihan tidak normal pada wanita. ciri-cirinya antara lain keputihan yang muncul lebih berbau dan juga lebih lengket.

2. Kelembapan
Kelembapan di area kewanitaan yang terlalu tinggi menyebabkan kuman tumbuh subur didalamnya. biasanya sehabis buang air kebanyakan wanita langsung menggunakan celananya tanpa mengeringkan terlebih dulu area kewanitaan. Hal ini menyebabkan daerah tersebut merasa gatal karena kuman berkembang didalamnya. jika sering terjadi maka keputihan tidak normal akan anda alami.

3. Jamur
Selain kuman, jamur menjadi sebab lainnya dari keputihan yang perlu diwaspadai. Jamur sangat mudah berkembangbiak ditempat yang lembap. Area kewanitaan merupakan daerah yang lebih lembap dari bagian tubuh lain sehingga mudah ditumbuhi jamur. Agar pertumbuhan jamur bisa dikendalikan maka jangan biarkan kondisi area kewanitaan mudah lembab salah satunya dengan mengeringkannya terlebih dulu setelah buang air, kemudian baru anda mengenakan celana. Sebaiknya jangan gunakan celana ketat karena menyebabkan area kewanitaan mudah lembab.

4. Bakteri vaginosis
Bakteri ini mampu mengganggu keseimbangan cairan sehingga keputihan keluar secara tidak terkendali. Bakteri ini belum diketahui penyebab terjadinya secara medis. Namun keputihan yang disebabkan karenanya bisa diidentifikasi dengan intensitas keputihan yang lebih sering dan cairan yang keluar semakin banyak. Celana akan mudah lembab karena intensitas keputihan yang lebih banyak.

5. Trikomoniasis
Trikomoniasis adalah infeksi yang menjadi penyebab keputihan tidak normal. penyebab infeksi ini karena adanya mikroorganisme protozoa. Biasanya orang yang sudah memiliki bakteri ini didalam tubuh akan mudah menularkannya ke pasangan. infeksi ini juga bisa dikarenakan penggunaan handuk secara bersama-sama. Terlebih jika handuk tersebut digunakan untuk mengeringkan organ vital.


Demikian beberapa penyebab keputihan yang perlu diketahui. Selain itu seringnya bergonta ganti pasangan juga menjadi penyebab lainnya dari keputihan abnormal ini.  

Penyebab Timbulnya Keputihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kd6 inc