IBX5924FE0DD517A Bahaya dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Informasi Kesehatan dan kecantikan

November 27, 2017

Bahaya dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Selama hamil umumnya tubuh wanita akan jadi lebih rentan lagi terkena beberapa gangguan kesehatan jika dibandingkan sebelum masa kehamilan tiba. Hal yang demikian ini memang wajar sekali sebab terjadi perubahan hormon pada tubuh sehingga tubuh pun perlu penyesuaian. Pada masa ini ada banyak jenis gangguan kesehatan yang wajib diwaspadai, salah satunya adalah anemia.

Anemia tersebut bisa terjadi pada saat tubuh tidak mempunyai jumlah sel darah merah yang cukup, sehingga bisa sebabkan banyaknya gejala buruk di masa kehamilan. Gejala anemia ini wajib diwaspadai bahkan pada wanita hamil yang sebelumnya belum pernah alami anemia sama sekali. Pada saat wanita hamil tanggap sejak awal, maka perawatan pun juga bisa segera dilakukan.

Bahaya Anemia pada Ibu Hamil
  • ·      Bisa terjadi abortus
  • ·      Bisa terjadi infeksi
  • ·      Bisa sebabkan persalinan prematuritas
  • ·      Terjadi hambatan akan tumbuh kembang janin dalam rahim
  • ·      Terancam dekoinpensasi kordis
  • ·      Mola hidatidosa
  • ·      Bisa sebabkan pecah ketuban dini
  • ·      Bisa sebabkan pendarahan antepartum
  • ·      Hiperemesis gravidarum

Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Anemia defisiensi vitamin B12
Saat hamil, seseorang yang tidak akan mendapat asupan vitamin B12 cukup tubuhnya tak akan mampu mencukupi kebutuhan sel darah merah. Sehingga tak jarang ada banyak wanita hamil yang kurang memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya alami anemia defisiensi vitamin B12 tersebut.

Anemia defiiensi zat besi
Kekurangan sel darah merah juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan zat bei yang berperan penting sebagai penghasil utama hemoglobin di daam tubuh. Dengan tidak adanya hemoglobin yang cukup ini maka darah tak bisa edarkan oksigen yang cukup ke semua bagian tubuh.

Anemia defiensi vitamin C
Penyebab umum anemia selanjutnya adalah karena kurang konsumsi vitamin C. Hal tersebut bisa terjadi apabila Anda kurang memperhatikan asupan makanan sehari – hari. Sayur dan buah – buahan jadi salah satu sumber vitamin C yang bisa digunakan untuk penuhi kebutuhan Anda sehari – hari.

Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil
Mencegah tentunya jadi jalan yang lebih baik dibandingkan mengobati. Hal yang demikian ini juga berlaku pada anemia yang dialami ibu hamil, yang akan jauh lebih baik lagi bila Anda memperbanyak konsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi. Ada banyak sekali makanan dengan kandungan zat besi tinggi, diantaranya sayuran berwarna hijau, oatmeal, kacang, daging, dan beras merah.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen atas petunjuk dari dokter kandungan atau bidan kepercayaan Anda. Suplemen zat besi ini nantinya yang akan membantu ibu hamil dalam kondisi yang lebih baik setelah 1 minggu dari kondisi anemianya. Kondisi tersebut akan semakin baik lagi setelah 1 bila pengkonsumsian suplemen zat besi.


Nah, itulah tadi beberapa bahaya dan penyebab anemia pada ibu hamil yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Bahaya dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang