IBX5924FE0DD517A Penyebab Kelahiran Prematur, Ibu Hamil Wajib Tahu Ini!

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

February 23, 2018

Penyebab Kelahiran Prematur, Ibu Hamil Wajib Tahu Ini!


Bayi dianggap lahir prematur ketika bayi tersebut dilahirkan sebelum usia kandungan 9 bulan atau sebelum usia kandungan 36 minggu. Tentunya bayi yang lahir secara prematur akan berbeda dengan bayi yang lahir secara normal di usia kandungan 9 bulan. Organ – organ yang terbentuk juga akan berbeda karena bayi yang dilahirkan secara prematur masih belum mengalami fase pembentukan organ yang sempurna seperti bayi yang dilahirkan secara normal di usia kandungan 9 bulan.

Bayi bisa mengalami kelahiran prematur karena beberapa faktor penyebab. Berikut ini kami berikan informasinya untuk Anda apa saja penyebab kelahiran prematur yang Anda harus tahu. Hindari faktor penyebabnya agar kelahiran prematur tidak terjadi pada kandungan Anda bunda!

Penyebab Kelahiran Prematur

Riwayat kehamilan

Jika ini adalah kehamilan kedua dan pada kehamilan pertama ibu mengalami kelahiran prematur maka hal ini menjadi suatu indikasi bahwa di kehamilan kedua Anda berpotensi mengalami kelahiran prematur selayaknya di kehamilan pertama. Selain itu ibu hamil yang memiliki riwayat aborsi atau pernah mengalami keguguran sebelumnya juga rentan mengalami masalah kelahiran prematur. Beberapa riwayat kehamilan lain yang juga berbahaya dan berpotensi menjadi penyebab ibu hamil mengalami kelahiran prematur yaitu kehamilan ektopik dan hamil anggur.

Kesehatan dan kondisi janin

Kesehatan dan juga kondisi janin didalam rahim juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami kelahiran prematur. Misalkan saja janin didalam rahim yang mengalami kekurangan gizi bisa menjadi penyebab ia tidak sehat didalam rahim dan keluar sebelum waktu persalinan tiba. Bayi yang terkena infeksi juga berpotensi untuk lahir dalam kondisi prematur. Ada baiknya untuk Anda senantiasa kontrol secara rutin ke dokter kandungan agar bisa membuat bayi Anda terhindar dari kelahiran prematur. Selain itu kontrol juga secara rutin agar bisa membuat Anda terhindar dari berbagai kemungkinan komplikasi kehamilan yang berbahaya.

Usia

Hamil di usia muda atau dengan usia dibawah 20 tahun menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab bayi lahir secara prematur. Wanita yang nikah muda tentu belum memiliki kesiapan rahim sebagaimana wanita yang sudah menikah dengan usia yang seharusnya. Kematangan fisik dan rahim juga masih berbeda jauh dengan wanita yang menikah di usia yang seharusnya. Akibatnya belum genap umur bayi didalam rahim sudah lahir atau mengalami lahir prematur. Selain itu wanita yang menikah dan hamil dibawah usia 20 tahun juga beresiko mengalami kondisi bayi lahir dengan berat badan rendah ketika lahir.

Itulah beberapa penyebab kelahiran prematur yang Anda harus tahu. Semoga Anda terhindar dari kelahiran prematur dan semoga persalinan Anda berjalan dengan lancar bunda. Jaga selalu kesehatan Anda dan janin didalam rahim.

Penyebab Kelahiran Prematur, Ibu Hamil Wajib Tahu Ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang