IBX5924FE0DD517A Tanda Tanda Janin Tidak Berkembang yang Paling Akurat

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

February 21, 2018

Tanda Tanda Janin Tidak Berkembang yang Paling Akurat


Kehamilan memang menjadi suatu moment yang sangat diharapkan oleh wanita yang telah menikah karena kehamilan menjadi suatu fase yang menandakan rumah tangga akan lebih bahagia dengan hadirnya seorang anak. Akan tetapi tidak semua kehamilan berjalan dengan mulus. Beberapa wanita juga ada yang mengalami kehamilan dan tidak berjalan mulus karena janin didalam rahim tidak berkembang.

Memang pada beberapa kesempatan janin yang tidak berkembang tidak mengalami tanda yang signifikan akan tetapi ada beberapa tanda yang bisa teridentifikasi jika Anda jeli memperhatikan kondisi fundus Anda. Berikut beberapa tanda – tanda janin tidak berkembang yang dapat Anda pahami! Jika mengalami tanda – tanda ini baiknya Anda segera cek kesehatan janin ke dokter kandungan yang Anda percaya.

Tanda – Tanda Janin Tidak Berkembang

Tidak ada kenaikan tinggi fundus

Selama Anda hamil biasanya dokter akan memeriksa tinggi fundus untuk tahu perkembangan janin dengan palpasi abdomen pada kehamilan. Jika janin tumbuh dengan baik sesuai dengan usia kehamilan maka tentu fundus akan semakin tinggi. Akan tetapi jika tidak ada perkembangan tinggi fundus maka hal tersebut bisa menjadi sebuah indikasi janin tidak berkembang didalam rahim. Dokter nantinya juga akan memastikan hasilnya dengan pemeriksaan USG dan tes darah. Pemeriksaan fundus ini juga sangat penting untuk bisa mengetahui ciri bayi sungsang atau tidak.

Tidak ada gejala morning sickness

Ibu hamil yang masuk pada trimester pertama kehamilan biasanya akan mengalami morning sickness yang cukup berat. Namun ketika ada masalah janin tidak berkembang maka ibu mungkin tidak akan mengalami gejala kehamilan termasuk berupa morning sickness. Semua gejala yang pada awalnya dirasakan akan tiba – tiba hilang begitu saja. Bahkan ibu akan kemudian langsung merasa tidak sedang hamil seperti sebelumnya. Jika sudah terjadi kondisi yang semacam ini ada baiknya untuk Anda segera menghubungi dokter kandungan terdekat.

Berat badan ibu tidak naik

Pada pemeriksaan kehamilan biasanya ibu akan diminta untuk melakukan pemeriksaan berat badan. Dalam suatu buku yang merujuk tentang panduan kehamilan maka berat badan ibu menjadi hasil pemantauan perkembangan janin. Jika memang ada masalah janin yang tidak berkembang maka berat badan ibu tidak mengalami kenaikan atau bahkan justru mengalami penurunan. Jika berat badan ibu mengalami penurunan maka bisa jadi ada indikasi penyakit selama hamil. Bahkan bisa jadi hal ini merupakan suatu indikasi bahwa janin didalam rahim tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Anda harus segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter kandungan terpercaya jika mengalami tanda – tanda diatas. Jaga selalu kesehatan Anda dan cek kesehatan Anda serta janin secara berkala. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Tanda Tanda Janin Tidak Berkembang yang Paling Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang