IBX5924FE0DD517A Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Wajib Dihindari

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

April 2, 2018

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Wajib Dihindari


Kehamilan memang merupakan suatu anugerah terindah dari Tuhan yang ditiupkan dalam raga wanita. Ketika kehamilan terjadi sangat disarankan agar wanita senantiasa menjaga kehamilannya tersebut. Salah satu cara untuk menjaga kehamilan adalah dengan mematuhi aturan. Mengonsumsi makanan sehat dan menghindari pantangan makanan yang memang tidak baik untuk dirinya dan janin didalam rahim.



Tentu ibu hamil harus tahu apa saja pantangan makanan yang harus dihindari agar kehamilannya bisa sehat dan terjaga sampai melahirkan nanti. Bagi Anda yang sedang hamil, berikut informasinya bunda apa saja pantangan makanan ibu hamil yang harus dihindari. Cek informasinya berikut ini!

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Makanan mentah atau setengah matang

Pantangan makanan ibu hamil yang pertama harus dihindari adalah makanan yang mentah atau makanan setengah matang. Ada baiknya bunda yang sedang hamil menghindari telur mentah, daging mentah, ataupun berbagai hal yang memang setengah matang. Kerang mentah, makanan khas Jepang sashimi juga tidak baik karena didalamnya ada kemungkinan bakteri listeria yang dapat mengakibatkan janin mengalami keguguran dan meninggal didalam kandungan. Sterilkan semua bahan makanan yang akan dimakan dan pastikan bahan makanan tersebut matang.

Seafood

Didalam seafood terdapat kandungan omega 3 yang tinggi dan baik untuk bayi. Baiknya Anda menghindari aneka makanan laut karena hal ini berpotensi mengandung merkuri yang tinggi akibat limbah. Tentu jika dikonsumsi ibu hamil, dapat merusak otak janin yang masih dalam tahap perkembangan didalam rahim. Beberapa jenis ikan seperti sarden, ikan makarel atau kepiting wajib dihindari oleh ibu hamil.

Makanan dengan kalori berlebih

Ibu hamil tentu harus disiplin dalam mengatur pola makan termasuk ketika mengatur asupan kalori. Ketika ibu hamil sedang mengandung, ibu memang butuh tambahan kalori akan tetapi tentu dalam jumlah yang cukup dan dengan porsi yang tepat. Hal ini diperlukan untuk menghindari masalah obesitas yang akan malah meningkatkan resiko bayi mengalami diabetes di usia dewasa.

Susu dan keju tanpa pasteurisasi

Ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi susu mentah dan keju lunak seperti keju brie, camembert, feta, blue cheese dan juga roquefort. Jenis keju tersebut perlu dihindari bahkan walau di label kemasan tertulis “terpasteurisasi”. Hal ini karena banyak label yang sekarang ditulisi wacana sudah dipasteurisasi akan tetapi nyatanya tidak. Jika memang ingin mengonsumsi keju tentu ibu hamil baiknya selalu berhati – hati.

Pemanis buatan

Hindari mengonsumsi minuman atau makanan yang didalamnya mengandung gula dengan kadar tinggi agar bisa terhindar dari masalah obesitas baik pada ibu dan bayi. Obesitas pada ibu hamil memang akan mengakibatkan banyak resiko termasuk diabetes gestational dan preeklampsia.
Anda yang sedang hamil harus tahu apa saja pantangan makanan ibu hamil. Hindari makanan diatas dan konsumsi makanan yang aman dan sehat untuk menunjang tumbuh kembang janin didalam rahim.

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Wajib Dihindari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang