IBX5924FE0DD517A Mata Sakit ? Ini Jenis Sakit mata yang perlu diwaspadai

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

July 3, 2018

Mata Sakit ? Ini Jenis Sakit mata yang perlu diwaspadai


Dalam beberapa kasus , mata sakit atau sakit mata tidak bersifat menular terhadap orang lain, sehingga kita dapat tetap beraktifitas selama penglihatan kita masih baik , akan tatapi ada beberapa jenis sakit mata yang dapat membuat pengidapnya lebih disarankan untuk menunda segala aktifitasnya agar orang lain tidak ketularan.


Berikut beberapa penyakit mata yang dapat menular melalui kontak fisik terhadap penderita:

Keratitis Herpes Simpleks
Sakit Mata ini disebabkan oleh virus Herpes simpleks Type 1, Sakit mata ini biasanya menimbulkan Infeksi pada kornea mata sehingga menyebabkan bengkaknya kornea mata dan berkabut. Ciri cirinya yaitu mata merah, rasa sakit pada mata serta rasa perih pada saat melihat cahaya yang terang. Penularan nya yaitu dengan kontak langsung dengan penderita.

Herpes Zoster Oftalmikus
Herpes Zoster Oftalmikus , Merupakan virus herpes yang mengakibatkan Cacar Air ini ternyata juga dapat menyebabkan mata sakit, biasanya disebut dengan sakit mata Herpatik yang disebabkan oleh Virus Varicella Zoster, Ciri cirinya yaitu Mata merah , Rasa Sakit pada mata  dan kadang muncul Ruam kemerahan dan rasa sakit pada kelopak mata.

Konjungtiva / Pink Eye
Pink Eye ialah peradangan konjungtiva , yaitu jaringan tipis pada bagian putih mata yang membatasi bagian bawah kelopak mata, konjungtiva sendiri bisa disebabkan oleh alergi, seperti alergi debu , alergi pada asab bahkan akibat iritasi dari shampoo rambut dapat mengakibatkan konjungtiva, akan tetapi konjungtiva yang menular adalah yang disebabkan oleh Virus misalnya Herpes, Gonore dan Klamidia.
perhatikan gejala-gejala berikut untuk mendeteksi kemungkinan Anda atau anak Anda mengalami konjungtivitis yaitu  Mata berair, Area putih pada mata menjadi merah, Mata terasa gatal atau terbakar, Lebih sensitif terhadap cahaya, Penglihatan menjadi lebih buram. Konjungtivitis atau Pink Eye umumnya akan membaik dalam 3 hari sampai sepekan. Namun penyakit ini dapat menular selama pengidapnya masih mengeluarkan air mata dan merasa matanya berat.
Segera gunakan obat tetes mata antibiotik untuk mengatasi infeksi konjungtiva yang parah, Bersihkan kelopak mata dengan menggunakan Kapas dan Air untuk membersihkan area yang lengket atau berkerak serta hindari pemakaian lensa kontak.
Jika gejala mata sakit anda disertai dengan rasa sakit, mual, sakit kepala, penglihatan terganggu atau mata menjadi sensitif terhadap cahaya, terdapat riwayat cedera pada mata atau mata terpapar zat kimia, segera temui dokter mata anda. Bagaimanapun juga, jika kondisi ini tidak segera membaik, disarankan untuk menghubungi dokter mata untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.


Mata Sakit ? Ini Jenis Sakit mata yang perlu diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang