IBX5924FE0DD517A Tips Mengobati Bintitan Dengan Mudah

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

August 31, 2018

Tips Mengobati Bintitan Dengan Mudah

Bintitan atau dalam bahasa ilmiah disebut Herdeolum merupakan benjolan yang muncul pada bagian bawah atau atas kelopak mata seseorang. Bintitan disebabkan oleh bakteri yang menyerang kelenjar kelopak mata sehingga terjadi infeksi pada kelopak mata dan menimbulkan benjolan yang cukup mengganggu. Gejala yang timbul pada awal terjadinya bintitan adalah timbulnya benjolan pada kelopak mata dan selanjutnya akan membuat mata terasa nyeri apabila digerakan. Namun anggapan sebagian orang percaya bahwa bintitan terjadi akibat seseorang mengintip lawan jenisnya saat tidak mengenakan busana. Anggapan tersebut tentu salah dan tidak dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Gejala-gejala Bintitan
Indikasi bintitan mudah terdeteksi dari tumbuhnya benjolan merah yang mirip bisul pada kelopak mata. Gejala-gejala lain yang menyertai kondisi ini meliputi:

  • Mata berair.
  • Mata atau kelopak mata yang memerah.
  • Kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri.


Hampir semua kasus bintitan tidak membutuhkan penanganan medis khusus dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun begitu, risiko komplikasi tetap ada. Karena itu, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika bintitan yang Anda alami tidak menunjukkan tanda-tanda membaik setelah 2 hari dan pembengkakan menyebar hingga ke bagian lain wajah, seperti pipi.

Penyebab dan Risiko Bintitan
Penyebab utama bintitan adalah bakteri stafilokokus. Contoh infeksi akibat bakteri yang dapat memicu bintitan adalah infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Bakteri stafilokokus biasanya hidup pada kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit. Namun risiko bintitan akan meningkat apabila kita menyentuh mata dengan tangan yang kotor. Selain itu, terdapat sejumlah faktor risiko lain yang meliputi:

  • Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.
  • Tidak membersihkan kosmetik ketika akan tidur.
  • Memakai lensa kontak yang tidak steril atau tangan Anda tidak bersih saat memasangnya.
  • Mengidap peradangan pada kelopak mata atau blefaritis, terutama tipe kronis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi akibat penyakit kulit rosaseae.


Berikut ini adalah tips mengobati bintitan dengan mudah, antara lain:

Es Batu
Mata yang terkena bintitan akan membentu benjolan dan mengalami pembengkakan. Untuk meredakan penjolan dan pembengkakan, Anda dapat menggunakan es batu untuk mengkompres mata Anda yang mengalami bintitan. Es mempunyai manfaat untuk membuat kulit menjadi rileks dan membunuh kuman dengan suhu rendah. Mata bintitan yang telah dikompres es akan mengecilkan benjolan yang ada pada kelopak mata. Ini sangat membantu Anda yang sedang mengalami bintitan.

Bawang Putih
Bawang putih memang dikenal memiliki zat anti bacteria alami yang terdapat pada kandungannya. Untuk mata bintitan biasanya dapat disembuhkan dengan bawang putih karena bawang putih dapat membunuh bakteri pada kelopak mata. Caranya adalah rumbuk 1 siung bawang putih dan olskan padabagian mata yang mengalami bintitan.

Obat Tetes mata
Obat tetes mata mampu mebunuh bakteri penyebab bintitan pada kelopak mata. Obat tetes mata dengan segala kandungannya mampu meredakan benjolan pada kelopak mata. Cara penggunaannya adalah teteskan pada bagian mata saat terasa gatal. Maka bintitan akan cepat membaik dengan obat tetes mata yang telah Anda gunakan tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang Tips Mengobati Bintitan dengan Mudah yang dapat kami ulas. Untuk penyembuhan yang lebih maksimal, Anda dapat menghubungi dokter spesialis mata terlebih dahulu. Semoga tips ini memberikan manfaat untuk penyembuhan bintitan Anda. Selamat mencoba.


Tips Mengobati Bintitan Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang