IBX5924FE0DD517A Tips Mengobati Ketombe Secara Alami

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

August 30, 2018

Tips Mengobati Ketombe Secara Alami

Ketombe adalah pengelupasan dari sisa-sisa sel mati kulit kepala yang berbentuk butiran kecil berwarna putih yang menempel pada rambut. Pengelupasan kulit kepala memang rutin terjadi setiap bulan. Namun ketobe merupakan sisa dari pengelupasan kulit kepala yang berlebihan sehingga memunculkan bekas yang cukup banyak. Ketombe menyebabkan rambut menjadi gatal. Gatal ini akibat kulit kepala yang mengelepas bercampur dengan kotoran yang tidak menyehatkan rambut kepala. 

Penyebab ketombe :

Jarang keramas. 
Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.
Terlalu sering keramas. Sebaliknya, terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk membuat memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.

Kulit kering. 
Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.

Produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala.
Memilih produk shampoo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.

Infeksi jamur malassezia. 
Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamu ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe.

Jika Anda sudah mencoba bermacam-macam shampoo anti-ketombe namun tidak juga merasakan hasilnya, tidak ada salahnya Anda mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami.

Namun untuk Anda yang mengalami ketombe pada rambut, Anda dapat mencoba tips mengobati ketombe secara alami berikut ini, antara lain:

Minyak Almond
Minyak almond memang memiliki nutrisi yang baik. Minyak almond memilki nutrisi dan protein yang baik dan sangat dibutuhkan oleh rambut Anda. Minyak almond sangat mudah digunakan untuk menghilangkan ketombe, yaitu oleskan minyak almond keseluruh bagian rambut hingga rata. Kemudian pijat halus rambut beberapa saat. Lalu Anda membilasnya dengan air hangat dan tutup rambut dengan penutup rambut yang biasa digunakan. Lakukan berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis memang sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe dari rambut Anda.  Selain itu nanas juga memiliki zat yang juga dapat menghilangkan ketombe yang ada. Kedua buah tersebut mempunyai sifat yang cukup kuat sehingga cocok untuk menghilangkan ketombe.  Caranya sangat mudah yaitu campurkan air perasan jeruk nipis dan air perasan nanas. Campurkan dengan santan, aduk hingga rata dan basuhi pada rambut. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan shampoo.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga memiliki kandungan nutrisi yang tepat untuk menghilangkan ketombe dan menumbuhkan kembali rambut dengan cepat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan seluruh rambut dengan minyak zaitun. Kemudian pijat rambut. Lalu bungkus dengan handuk selama 30 menit. Bilas rambut setelah itu hingga bersih.

Lidah Buaya
Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Daun Sirsak
Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak adalah acetogenin Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Cuka
Ternyata cuka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe karena cuka biasa digunakan untuk makanan. Namun tenang saja, ini bukan hoax. Anda bisa menggunakan cuka sebagai cara menghilangkan ketombe. Tapi tentu dengan berhati-hati, jangan memakai cuka terlalu banyak.

Baking soda
Menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen. Sama seperti cuka, jangan gunakan baking soda terlalu banyak dan terlalu sering.

Demikianlah Tips Mengobati Ketombe Secara Alami yang dapat Anda lakukan. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk menghilangkan ketombe pada rambut Anda.


Tips Mengobati Ketombe Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang