IBX5924FE0DD517A Tips Mengobati Penyakit Amandel tanpa Operasi

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

August 29, 2018

Tips Mengobati Penyakit Amandel tanpa Operasi

Penyakit amandel adalah penyakit dimana bagian amandel seseorang terkena infeksi sehingga mengganggu proses pencernaan makanan untuk masuk ke bagian kerongkongan. Penyakit amandel tingkat lanjut dapat menimbulkan pembengkakan hingga mengahruskan seseorang untuk mengoperasi amandelnya untuk dihilangkan dari bagian rongga mulut. Penyakit amandel tidak dapat dianggap sebelah mata dalam mengatasinya. 

Untuk itu perlu penanganan sesegera mungkin. Namun bagi Anda yang tidak ingin melakukan operasi, Anda dapat melakukan tips mengobati penyakit amandel berikut ini, antara lain:

Istirahat
Ketika amandel meradang, Anda sebaiknya istirahat dulu di rumah. Pasalnya, beristirahat bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri.Karena itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan seperti bekerja, sekolah, atau berolahraga sampai Anda sembuh.  

Jeruk Nipis
Jeruk nipis mampu mengobati penyakit amandel tanpa operasi yang biasanya disarankan oleh dokter. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu penyembuhan amandel. Caranya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan satu buah daun sirih. Lalu campurkan 1/2 sendok teh air kapur sirih. Campurkan kedua larutan tersebut dan siap untuk dikonsumsi. Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengkonsumsi campuran tersebut 3 kali sehari.

Kumur air Garam
Untuk orang dewasa dan anak-anak di atas delapan tahun, berkumur dengan air garam bisa membantu redakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel membengkak.Siapkan satu gelas air hangat dan larutkan kira-kira satu sendok teh garam. Kalau rasanya terlalu kuat buat Anda dan anak, Anda juga bisa mencampurkan satu sendok makan madu alami.Kumur-kumur larutan garam ini sambil mendongak selama kira-kira 30 detik. Lalu buang airnya, jangan ditelan. Anda bisa berkumur hingga dua kali sehari atau ketika tenggorokan terasa sakit.

Minum obat pereda nyeri
Bila rasa sakit di tenggorokan sudah tidak tertahankan lagi, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Buat anak-anak di bawah lima tahun, konsultasikan dulu dengan dokter anak obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsi.

Banyak minum
Jaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi. Anda boleh minum air hangat agar tenggorokan lebih tenang. Namun, air dingin juga baik untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling nyaman buat tenggorokan Anda.

Kulit Manggis
Kulit manggis merupakan salah satu bahan alami yang mampu mengobati penyakit amandel yang mungkin Anda alami. Kulit manggis membantu pencegahan dan meredakan infeksi pada amandel. Kulit manggis mengandung zat xanthone yang mampu membunuh bakteri pada amandel. Cara ini terbukti sangat berkhasiat karena kulit manggis mengandung banyak zat lain yang dapat memperbaiki kinerja sistem ketahanan tubuh. 

Mengkonsumsi Makanan Tanpa Zat Pengawet
Konsumsi zat pengawet yang terlalu banyak merupakan salah satu hal yang ditenggarai sebagai salah satu penyebab terjadinya penyakit amandel pada diri seseorang. Dengan mengkonsumsi makanan tanpa zat pengawet dapat membantu penyembuhan penyakit amandel yang Anda derita. Zat pengawet memang sangat berbahaya bagi kesehatan karena mampu meningkatkan infeksi pada amandel seseorang. Sebaiknya Anda menghindari makanan dengan zat pengawet.

Itulah beberapa ulasan tentang Tips mengobati Penyakit Amandel tanpa operasi yang dapat Anda jadikan referensi dalam mengobati penyakit amandel Anda. Semoga dengan tips tersebut mampu menyembuhkan penyakit amandel Anda yang memburuk. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk Anda ya 

Tips Mengobati Penyakit Amandel tanpa Operasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang