IBX5924FE0DD517A Tips Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Informasi Kesehatan, kecantikan, Finansial, Travelling, Shopping

November 24, 2018

Tips Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Bau mulut memang sangat mengganggu kegiatan dan akitivitas sehari-hari  yang biasa kita lakukan, terutama saat berkomunikasi kepada orang lain secara langsung. Bau mulut dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Bau mulut biasanya lebih disebabkan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dan kebersihan mulut yang tidak terjaga. Untuk itu Anda selalu diminta untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut untuk menghindari bau mulut yang dapat mengganggu lawan bicara Anda.

Bau mulut sebenarnya bukan masalah yang besar dalam kesehatan, namun bau mulut dapat mengganggu kelancaran dalam hal yang berurusan dengan komunikasi secara langsung. Namun untuk Anda yang ingin menghilangkan bau mulut jangan khawatir karena berikut ini adalah tips menghilangkan bau mulut yang tak sedap, antara lain:


Menggosok Gigi
Menggosok gigi mungkin dapat dikatakan cara yang cukup lama dan juga melegenda untuk menghilangkan bau mulut pada seseorang. Untuk menghasilkan bau mulut yang harum, sebaiknya Anda meggosok gigi secara rutin seperti sesudah makan dan sebelum tidur. Jangan lupa menggosok langit-langit mulut yang biasanya masih terdapat sisa makanan. Sisa makanan itulah yang menyebabkan bau mulut yang tak sedap.

Hindari Rokok dan Alkohol
Rokok dan minuman alkohol memang sangat tidak baik terhadapa kesehatan. Bukan hanya tubuh, ternyata keduanya dapat menyebabkan bau mulut yang biasanya timbul. Kedua hal tersebut menyebabkan terjadinya periodentis yang memperburuk kesehatan mulut. Rokok dan alkohol juga dapat memperburuk produksi air liur yang ada pada mulut kita.


Hindari Makanan yang berbau Menyengat
Bau mulut ternyata juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang memiliki bau menyengat. Makanan yang memiliki bau menyengat seperti jengkol, bawang goreng, petai atau durian. Bau dari makanan tersebut ternyata berdampak terhadap bau mulut yang Anda alami. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut.

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebabnya bau mulut di antaranya:


  • Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  • Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan.


Jika Anda merasa sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi namun masih saja bau mulut tidak hilang, cobalah lakukan beberapa cara berikut ini:


  • Sikat gigi dua kali sehari, secara teratur.
  • Ganti sikat gigi setidaknya dua bulan sekali.
  • Bersihkan bagian lidah, dan minum segelas air setelah bangun tidur untuk menghilangkan bau mulut.
  • Lepas dan bersihkan gigi palsu jika Anda menggunakannya, sehingga tidak ada bakteri berkembang biak di gigi palsu.
  • Kunyah kulit jeruk, lemon, dan peterseli. Produksi air liur yang dipicu oleh asam jeruk dapat membantu menghilangkan bau mulut, sedangkan peterseli dapat menetralisir bau tidak sedap.
  • Cek kesehatan gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.
  • Berhenti merokok dan hindari konsumsi kopi yang berlebihan.
  • Kunyah permen karet rendah gula.
  • Kurangi atau bahkan hindari sama sekali konsumsi alkohol.
  • Minum cukup air putih, sehingga bakteri dan kotoran lain dalam mulut dapat dengan cepat dibersihkan.


Demikianlah Tips Menghilangkan Bau Mulut yang Tak Sedap yang dapat dengan mudah Anda coba dan terapkan. Berperilaku hidup sehatlah sejak sekarang untuk kesehatan Anda yang lebih baik.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang