April 12, 2019

Yuk Mengenal Kopi Nusantara

Salam Ngopi !!!

Indonesia, Negeri Subur Anugerah yang Maha Kuasa, begitulah adanya. struktur tanah dan juga letak geografisnya merupakan tempat yang baik untuk pertumbuhan tanaman kopi ini, di beberapa wilayah Indonesia membentang luas lahan lahan perkebunan kopi yang siap menghasilkan rasa kopi yang unik dengan berbagai karakteristik yang berbeda beda sesuai tempat dimana kopi itu tumbuh.



Daerah penghasil Kopi di indonesia yang mendunia di antaranya :

Aceh 
siapa yang tidak kenal Kopi Aceh Gayo? , Katanya Tanah Gayo adalah tanah ajaib , Gayo adalah sebuah wilayah yang terdapat di lereng bukit Takengon dan Danau Tawar, di ujung Sumatera. Kopi yang berasal dari Aceh tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak di konsumsi di Indonesia maupun di Eksport keluar negeri. 

Sumatera
Sidikalang, Lintong, Mandheling, Simalungun dll. itu adalah Kopi yang berasal Sumatera yang sudah terkenal , karakteristik rasa kopi sumatera adalah memiliki cita rasa yang berat, bisa dikatakan memiliki rasa yang lebih kompleks dari jenis kopi lainnya di dunia, Rasa Kopi Sumatera juga tergolong Unik dengan Aroma rempahnya.

Sulawesi
Tana Toraja , tanah tempat tumbuh suburnya kopi dengan kualitas yang tidak kalah dengan daerah lainnya, dengan citarasa yang kuat dan kadar ke asaman yang tinggi menjadikannya diminiati oleh penikmat kopi dengan keasaman yang tinggi.

Bali 
Kopi Bali Kintamani, berasal dari daerah Kintamani, Bali. Kopi ini memiliki citarasa yang unik dan berbeda dari daerah penghasil kopi lainnya di Indonesia, Kopi Bali Kintamani memiliki citarasa buah buahan yang asam dan segar, ini dikarenakan penanaman kopi di daerah ini berdampingan dengan tanaman lainnya seperti tanaman Jeruk dan sayur sayuran.

Papua
Wilayah timur Indonesia, Papua Wamena juga menjadi tempat tumbuh suburnya tumbuhan kopi, kopi di daerah ini tumbuh di ketinggian 1500 mdpl dengan suhu rata rata 20 *C , Kopi papua Wamena ini memilik karakteristik Aroma yang tajam dan memiliki tingkat keasaman yang rendah.

Flores
Kopi Flores Bejawa, berasal dari sebuah kabupaten yaitu kabupaten Ngada, Flores. Dikelilingi oleh pegunungan berapi menjadikan  tanah tempat kopi ini tumbuh mengandung Andosols subur dari abu Vulkanik menjadikan kopi Flores Bejawa ini memiliki sedikit Aroma Fruity dan Tembakau.
Selain Bejawa, Salah satu penghasil kopi di daerah Flores adalah daerah Manggarai.

Pulau Jawa
keunikan hasil kopi Pulau Jawa ialah memiliki keunikan citarasa dengan aroma rempah yang alami, kopi Jawa tidak sekuat kopi Pulau sumatera dan sulawasi, akan tetapi kopi tetaplah kopi memiliki penikmatnya masing masing

So, Kopi mana yang pengen anda Coba???

Informasi Kesehatan, Lifstyle dan Kecantikan


EmoticonEmoticon